oleh

Waspada Lonjakan Penyebaran Virus Covid-19 Varian Omicron, Personel Lantamal VI Swab Massal

Makassar, Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI Makassar mengelar swab massal bagi seluruh personel Mako Lantamal VI untuk mencegah lonjakan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal VI Makassar Letkol Laut (K) David Langgeng, M.T. mengatakan kegiatan pemeriksaan Swab Antigen massal secara periodik bagi seluruh personel Mako Lantamal VI sangat diperlukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19, varian Omicron.

“Diskes Lantamal VI saat ini melaksanakan pemeriksaan Swab Antigen massal secara periodik setidaknya 2 minggu sekali untuk mewaspadai penyebaran Virus Covid-19 varian Omicron di wilayah kerja Mako Lantamal VI mengingat varian omicron peningkatan transmisinya lebih cepat dibandingkan varian delta,” ujar Kadiskes Lantamal VI.

Sepanjang tahun 2022 ini, Diskes Lantamal VI sudah melaksanakan beberapa kali test swab Antigen massal kepada seluruh personel Lantamal VI Makassar mengingat Indonesia sudah memasuki gelombang ke-3 Covid-19, belajar dari trend penyebaran Covid-19 di Kota-Kota besar sebelumnya, diawali dari Jakarta kemudian Surabaya, selanjutnya Makassar dan diikuti daerah-derah sangat berpotensi terjadi lonjakan.

Terkait dengan kewaspadaan terhadap Omicron, Lantamal VI telah menyiapkan tenaga kesehatan dan telah menyiagakan unit kendaraan Faslab Mobile PCR TNI AL yang dapat dimanfaatkan oleh personel Lantamal VI maupun masyarakat umum, dan menyiapkan Mess Nala sebagai tempat Isolasi Mandiri bagi yang tidak bergejala/bergejala ringan dan Rumkital Jala Ammari diperuntukkan bagi yang bergejala sedang dan berat, serta termonitor oleh Satgas Covid-19 Lantamal VI, pungkasnya.

Pelaksanaan Swab Massal yang dilaksanakan Lantamal VI adalah untuk menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono dalam mendukung program pemerintah yang dicanangkan sejak 12 Januari 2022 lalu, sebagai usaha untuk mendeteksi dini sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 terutama varian baru yaitu Omicron di lingkungan TNI Angkatan Laut khususnya di jajaran Lantamal VI.

Berita Lainnya