oleh

Wadan Pasmar 2 Pimpin Kaji Ulang dan Evaluasi serta Penutupan LSL II Aspek Laut TW.III TA.2021 Pasmar 2

Okebung

Wakil Komandan (Wadan) Pasmar 2 Kolonel Marinir Purwanto Djoko Prasetyo selaku Wadirlat, mewakili Dirlat Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., memimpin Kaji Ulang dan Evaluasi serta penutupan Latihan Satuan Lanjutan (LSL) II Aspek Laut Ta.2021 Pasmar 2, di Balai Prajurit Pasmar 2, Kesatrian Marinir Moekijat Gedangan, Sidoarjo. Senin (20/09/2021).

Pada Kaji Ulang dan Evaluasi LSL II Aspek Laut Ta.2021 Pasmar 2, terlebih dahulu Wadan Pasmar 2 mendengarkan paparan dari penyelenggara yaitu Asops Danpasmar 2 Kolonel Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan sebagai De Oyu, paparan dari pelaku yang disampaikan oleh Danyonif 5 Marinir Letkol Marinir Widarta Kusuma sebagai Danpasrat dan paparan dari penilai yang disampaikan oleh Danpuslatpurmar 5 Baluran Letkol Marinir Agus Wahyudi serta diakhiri dengan penutupan latihan yang diikuti oleh para Asisten Danpasmar 2, dan para Dankolak/Satlak dijajaran Pasmar 2.

Dalam sambutan Komandan Korps Marinir yang dibacakan Wadan Pasmar 2 mengatakan, dengan telah selesainya pelaksanaan Latihan Satuan Lanjutan II Aspek Laut Pasmar 2 TA 2021 yang dilaksanakan selama sepuluh hari, atas nama pribadi dan selaku pimpinan latihan, saya menyampaikan ucapan terima kasih atas segala partisipasi dari seluruh peserta latihan dan para pendukung yang terkait dalam pelaksanaan latihan ini, sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Lebih lanjut dikatakan, penilaian keberhasilan pelaksanaan Latihan Satuan Lanjutan II Aspek Laut Pasmar 2 TA 2021 ini bukan diukur dari berjalannya mekanisme latihan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, melainkan diukur dari bagaimana pelaksanaan latihan ini dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan prajurit dalam menyelesaikan materi latihan yang ditemui pada saat operasi amfibi. Oleh karena itu, pengalaman dan pengetahuan yang didapat selama latihan ini, hendaknya dapat dijadikan referensi guna nantinya dapat diterapkan pada pelaksanaan tugas kedepan, sedangkan kekurangan dan kelemahan yang ditemukan dalam pelaksanaan latihan ini agar segera diperbaiki dan disempurnakan, sehingga pelaksanaan tugas kedepan selalu menuju ke arah yang lebih baik.

Seperti yang saya sampaikan pada waktu acara pembukaan beberapa waktu yang lalu, bahwa Latihan Satuan Lanjutan II Aspek Laut Pasmar 2 TA 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Pasmar 2 sebagai pasukan pendarat, menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi amfibi.

Kesiapan satuan dalam melaksanakan tugas sangat tergantung pada kemampuan, keterampilan, kesiapan dan profesionalisme serta mentalitas prajurit, sebagai pasukan pendarat amfibi dalam rangka mendukung tugas Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Satuan akan dapat melaksanakan setiap tugas yang diberikan komando atas secara baik dan berhasil apabila profesionalisme prajurit selalu terlatih secara bertingkat dan berlanjut.

Berita Lainnya