oleh

Tingkatkan Produksi Komoditas Pertanian, Jajaran Kodim Loteng Kerjasama Kawal Food Estate

OKEBUNG|
Dalam rangka mendukung Program Pemerintah mencapai Swasembada pangan, Kodim 1620/Lombok Tengah meningkatkan kerjasama antar jajaran untuk mengawal masyarakat petani meningkatkan produksi bidang komoditas pertanian melalui pengembangan Program Food Estate di Dusun Serangan, Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, pada Selasa (8/2/2022)

Kodim 1620/Loteng mendorong seluruh anggota untuk melakukan perawatan tanaman herbal, tumbuhan buah dan pohon keras di lahan mini Food Estate seluas 11,6 hektar di Dusun Serangan, Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

Diungkapkan oleh Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP., bahwa ditengah Pandemi Covid-19 Kodim 1620/Loteng akan terus berpartisipasi aktif dalam mewujudkan swasembada pangan, sebab ketahanan pangan merupakan bagian dari ketahanan negara sehingga seluruh elemen bangsa termasuk TNI wajib berperan demi menjaga kedaulatan pangan di tanah air.

Program pengembangan lumbung pangan nasional yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan di wilayah sebagai bagian dari cadangan logistik strategis pertahanan negara untuk mencegah kekurangan pasokan pangan dalam negeri.

Selain itu, pembuatan mini food dilakukan sebagai langkah antisipatif menghadapi potensi krisis pangan ditengah pandemi Covid-19, melalui pemanfaatan lahan/pekarangan kosong yang tidak produktif sehingga menghasilkan pangan bermutu.

“Selama kami mendapat dukungan, kami optimis khususnya Lombok Tengah bisa menjadi salah satu potensi yang lahannya dapat dikembangkan untuk kemandirian pangan NTB baik bidang peternakan, pertanian maupun kehutanan,” tutup Dandim. (Kodim 1620/Loteng)

Berita Lainnya