oleh

Syarat Usulan Kenaikan Pangkat, Prajurit Yonif 5 Marinir Laksanakan Urikkes

Okebung

Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir yang akan naik pangkat periode 1 Oktober 2022, menjalani serangkaian Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikkes) di Rumah Sakit Marinir Ewa Pangalila Gunungsari, Surabaya, Jawa Timur. Rabu (09/02/2022).

Urikkes tersebut selain sebagai upaya deteksi dini terhadap kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui strata tingkat kesehatan juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas untuk memberikan wawasan dan pemahaman akan pentingnya kesehatan diri guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas serta tanggung jawab yang diemban oleh setiap prajurit.

Pemeriksaan diawali dengan pengecekan personel, pengisian blangko, dilanjutkan dengan Tes urikes meliputi, cek urine, darah, THT, mata, tensi,air seni, jantung, paru – paru, gigi, Radiologi (Foto Thorax) dan pemeriksaan umum.

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Harmoko, M.Tr. Opsla menyampaikan kepada prajuritnya bahwa Urikkes rutin tersebut wajib dilaksanakan sebagai salah satu sarana kontrol untuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing prajurit apakah ada gejala dan gangguan kesehatan, sehingga dapat diambil tindakan cepat dan tepat untuk pencegahannya.

“Uji pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu yang menentukan perjalanan dinas seorang prajurit mulai dari rekruitmen, persyaratan kenaikan pangkat, persyaratan mengikuti pendidikan, persyaratan tugas dan urikkes tahunan,” pungkasnya.

Berita Lainnya