oleh

Sopsal Gelar Safari Kamla Di Lantamal VI

Makassar, TNI AL dalam hal ini Staf Operasi TNI Angkatan Laut (Sopsal) menggelar Safari Keamanan Laut (Kamla) bertempat di Gedung PP Jaladri Mako Lantamal VI, Rabu (09/02/2022).

Kedatangan rombongan Sopsal Tim Safari Kamla yang dipimpin oleh Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono, S.T., M. Tr (Han) yang mewakili Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) beserta rombongan tersebut disambut langsung oleh Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, beserta pejabat utama Lantamal VI bertempat di ruang Kajaolaliddo Mako Lantamal VI.

Selanjutnya, Safari Kemanan laut yang diadakan secara tatap muka dan daring ini dilaksanakan di Gedung PP Jaladri Mako Lantamal VI yang diikuti oleh Wadan Lantamal VI, Asops Danlantamal VI, Asrena Danlantamal VI, Aspotmar Danlantamal VI, Asops Danguspurla Koarmada II, para Komandan Lanal Jajaran Lantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Komandan KRI Hiu – 634, Komandan KRI Fatahillah – 361, Komandan KRI Ajak – 653, Komandan KRI Badau – 841, para Komandan KAL jajaran Lantamal VI serta seluruh Perwira Korps Pelaut dan Perwira Hukum jajaran Lantamal VI Makassar.

Dalam sambutannya, Danlantamal VI menyampaikan keberadaan Lantamal VI Makassar sebagai salah satu komponen Sistem Senjata Terpadu (SSAT), mengemban salah satu tugas pokok yaitu melaksanakan penegakkan hukum dan menjaga keamanan laut di perairan wilayah kerja Lantamal VI.

“Kata kuncinya adalah kemauan untuk belajar dan mengisi diri dengan pengetahuan dan pengalaman, baik itu penguasaan terhadap protap Kamla maupun peraturan Perundang-undangan yang berlaku”, ujar Danlantamal VI.

Kemudian, dalam sambutannya, Waasops Kasal menegaskan bahwa tugas penegakan hukum untuk menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional diamanatkan pada Pasal 9 Huruf B Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI. “Untuk itu dalam menjalankan tugas tersebut jangan ada keragu-raguan dalam bertindak yang di dasari dengan kepastian hukum”, ujar Waasops Kasal.

“Implementasi tugas TNI AL di dalam Undang-Undang tersebut diwujudkan dengan menghadirkan kekuatan Alutsista TNI AL dalam suatu operasi laut di wilayah kerja masing-masing. Sehingga operasi yang digelar merupakan tugas yang menjadi ke-khasan TNI AL dibawah komando dan kendali Kasal Laksamana TNI Yudo Margono”, ungkap Waasops Kasal.

Usai sambutan, Safari Kamla dilanjutkan dengan sosialisasi Tujuan Safari Kamla oleh Paban II Ops Sopsal Kolonel Laut (P) Daru Cahyo Sumirat dan Sosialisasi Penyidikan Tindak Pidana Tertentu Di Laut oleh Kasubdis Kermajan Diskumal Kolonel Laut (KH) Fitriyadi Darmawan yang dilanjutkan dengan tanya jawab.

Berita Lainnya