oleh

Silaturahmi Danlantamal VI Bersama Unsur Maritim Makassar di KRI Teluk Youtefa-522

Makassar, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI Makassar) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP menggelar acara silaturahmi dengan unsur Maritim yang ada di Makassar, bertempat di lounge room Kapal Perang (KRI) Teluk Youtefa-522 yang sedang sandar di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Jum’at (01/10/2021).

Acara silaturahmi ini dikemas dalam suasana yang penuh keakraban, dengan metode diskusi interaktif yang dipandu oleh moderator Asrena Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Iswantono, S.Si., M.M dan mengangkat tema Pengamanan Obyek Vital di sekitar Perairan Basis Lantamal VI dan Upaya Mewujudkan Lingkungan Laut yang bersih. Acara dihadiri oleh sejumlah stake holder maritim Makassar, yaitu Lantamal VI, Polair, Pemkot Makassar, Polres Pelabuhan, Otoritas Pelabuhan, Syahbandar, PT Pelindo IV, Bea Cukai, Distrik Navigasi, Pertamina, Dinas Kelautan dan Perikanan, Pelra, Pengelola Pelabuhan Paotere dan Untia, Pengelola Mkassar New Port, INSA, HNSI, serta pelaku usaha yang bergerak di bidang kemaritiman di Makassar.

Danlantamal VI Makassar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan silaturahmi yang diinisiasi oleh Lantamal VI, menjadi suatu momentum untuk lebih meningkatkan jalinan komunikasi dan koordinasi antar sesama insan maritim, khususnya dalam memberikan kontribusi serta peran aktif masing-masing institusi untuk dapat bersinergi secara proporsional dan profesional, mengacu pada tugas dan tanggung jawabnya.

Lebih lanjut Danlantamal VI menegaskan bahwa tugas pengamanan obyek vital nasional yang bersifat strategis, tentunya bukan hanya tanggung jawab TNI dan Polri saja, namun menjadi tanggung jawab bersama segenap komponen masyarakat.

Konklusi dari hasil diskusi membuahkan rekomendasi pentingnya koordinasi dan komunikasi antar unsur maritim secara sinergis dan berperan aktif dalam menciptakan pengamanan Obvitnas, mewujudkan kebersihan lingkungan laut melalui aksi bersih-bersih laut secara terprogram dengan melibatkan masyarakat sekitar, serta memberikan edukasi dan sosialisasi peraturan/hukum laut dan pembinaan potensi maritim kepada masyarakat dan instansi terkait.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kaotmilti – IV Babinkum TNI Laksamana Pertama TNI Dr. Sudardi, Pgs. Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (E) Sadikin Rijali, Para Asisten Danlantamal VI, Ka kuwil Lantamal VI, Kakanwil Beacukai Sulawesi, Kadiskum Lantamal VI, Dan KRI Teluk Youtefa – 522, Kadispen Lantamal VI serta Peserta undangan Unsur Maritim Makassar.

Berita Lainnya