oleh

SAMBANGI WARGA PETERNAK SAPI, BABINSA KORAMIL 0201-14/PB LAKSANAKAN KOMSOS SEKALIGUS PANTAU BANGSIT PENYAKIT MULUT DAN KUKU

OKEBUNG|
Seorang Babinsa selaku Aparat Komando Kewilayahan di tuntut untuk selalu hadir dan memonitor setiap perkembangan situasi yang terjadi di wilayah Binaan nya. Kepedulian dan kepekaan seorang Babinsa sangat di butuhkan guna memberikan solusi untuk membantu warga Desa Binaan nya mana kala di butuhkan. Demikian juga hal nya dengan Babinsa Koramil 0201-14/PB yang memiliki wilayah Teritorial di Kec Namo Rambe. Mereka juga di tuntut untuk menjalankan seluruh Tugas Tugas yang telah di berikan dari Komando Atas dalam membantu Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Desa.

Seperti yang di laksanakan oleh salah seorang Babinsa Koramil 0201-14/PB yakni Pelda Tarmizi pada hari ini (19-05-2022) di wilayah Desa Lau Mulgab dan Desa Batu Gemuk Kec Namo Rambe yang meminitor langsung perkembangan situasi saat ini terkait dengan merebak nya Penyakit Mulut dan Kuku bagi Hewan Ternak khusus nya jenis Sapi. Sehingga pada siang hari tadi Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Tarmizi melaksanakan Komsos dengan menyambangi langsung warga yang memiliki ternak Sapi tersebut langsung di kandang Sapi mereka masing masing.

“Kita ketahui bersama bahwa pada saat ini telah beredar luas wabah Penyakit Mulut dan Kuku yang menyerang hewan ternak khusus nya Sapi di beberapa daerah. Meskipun belum terdeteksi terjadi di wilayah Kec Namo Rambe, namun kita seluruh nya wajib mewaspadai dan mengantisipasi agar hal tersebut tidak sampai terjadi di tempat kita ini. Kami para Babinsa di perintahkan untuk memonitor langsung kondisi dan perkembangan situasi seluruh hewan ternak khusus nya Sapi yang ada di wilayah Kec Namo Rambe pada saat ini.” ungkap Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Tarmizi ketika menyambangi langsung salah seorang pemilik ternak Sapi di Desa Lau Mulgab yakni Bapak Heriza Putra Harahap yang memiliki 88 ekor Sapi di kandang nya. Seluruh ternak Sapi milik Bapak Heriza Putra Harahap terlihat dalam kondisi sehat dan baik, serta tidak ada memiliki gejala Penyakit Mulut dan Kuku seperti yang saat ini telah terjadi di berbagai daerah lain. Demikian pula dengan kondisi kandang yang terlihat bersih dan terawat dengan baik, serta pakan ternak berupa rumput segar dan jerami yang sudah di siapkan untuk kebutuhan ternak Sapi tersebut, seluruh nya terlihat sudah tertata dengan baik.

Pada kegiatan Komsos hari ini, Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Tarmizi juga berkesempatan menuju Desa Batu Gemuk untuk menyambangi warga yang memiliki ternak Sapi. Salah seorang warga tersebut adalah Bapak Berani Sembiring yang memiliki 4 ekor Sapi. Seluruh ternak Sapi milik Bapak Benar Sembiring juga dalam kondisi baik dan sehat serta tidak memiliki gejala Penyakit Mulut dan Kuku. “Kami berharap kepada setiap warga yang memiliki hewan ternak khusus nya Sapi agar selalu memperhatikan kondisi kesehatan seluruh hewan ternak nya pada saat ini, terkait dengan merebak nya Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak jenis Sapi di berbagai daerah. Kita wajib mewaspadai agar hal tersebut tidak sampai terjadi di wilayah Desa kita ini. Seluruh pemilik ternak wajib selalu menjaga kebersihan kandang dan kondisi pakan ternak, serta segera melaporkan apabila hewan ternak nya ada memiliki gejala Penyakit Mulut dan Kuku kepada Pemerintah Desa atau pun kepada kami para Babinsa.” ujar Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Tarmizi ketika melakukan komunikasi dengan Bapak Berani Sembiring di sela sela kegiatan Komsos tersebut.

Di wilayah Desa Lau Mulgab Kec Namo Rambe tercatat ada 3 orang warga yang memiliki ternak Sapi dengan total keseluruhan adalah 102 ekor Sapi, dan seluruh nya dalam kondisi baik dan sehat. Sementara di wilayah Desa Batu Gemuk Kec Namo Rambe ada 1 orang warga yang memiliki ternak Sapi, dengan jumlah 4 ekor Sapi, juga dalam kondisi baik dan sehat. Dengan melakukan seluruh tindakan dan langkah antisipasi maksimal dari seluruh Pihak terkait, di harapkan Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak Sapi tidak sampai terjadi di seluruh Desa yang ada di wilayah Kec Namo Rambe. (14/PB).

Berita Lainnya