oleh

RSAL dr. MDTS Tampilkan Peralatan Terapi hiperbarik, Saat Terima Kunjungan Safari Pers Waaspers Kasal

OKEBUNG|
Kamis siang, Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B dengan didampingi Wakabin, Wakamed, para Kadep, Komandan Satuan Markas dan Kasat Intel beserta para Kasatker lainnya di lingkup RSAL setempat menerima kunjungan kerja dari Tim Safari Pers Mabesal di Ksatrian setempat Jln. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Kepri. (18/112021).

Tim Safari Pers tersebut dipimpin oleh Waaspers Kasal Brigjen TNI (Mar) Endang Taryo, S.E., M.Si., CHRMP dengan didampingi Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H beserta 3 orang Pamen dari rombongan Tim Safari Pers diantaranya, Paban V/Watpers Spersal Kolonel Marinir Jasiman Purba, S.E., CHRMP, Pabandya Sahlur Ban V/Watpers Spersal Letkol Laut (KH) A. Imam Pambudi, S.Sos, M.Tr AP., CHRMP, Pabandya Jianjab Ban IV/Binkar Spersal Letkol Laut (P) Tri Atmoko, S.T dan 1 orang Pama a.n. Paur Piranti Ban I/Ren Spersal Letda Laut (S) Wahyu Eko Purnomo.

Kedatangan Waaspers Kasal disambut dengan Valreep, kemudian beserta rombongan tim safari pers menuju ruang VIP Pulau Nipah RSAL setempat. Dalam sambutan ditempat tersebut, Karumkital dr. Midiyato Suratani menyampaikan ucapan selamat datang kepada Waaspers Kasal beserta Tim Safari Pers, semoga kehadirannya di Rumkital dr. Midiyato Suratani bisa berkenan. Selanjutnya sebelum meninjau secara langsung ke beberapa lokasi fasilitas kesehatan yang dimiliki di Rumkital setempat, para pejabat kehormatan tersebut menikmati jamuan sederhana yang telah disediakan.

Dalam peninjauannya ke beberapa lokasi fasilitas kesehatan yang ada di lingkup RSAL setempat diantaranya, ruang transit, ruang VIP, Poli Umum, ruang Chamber, Posko Vaksinasi Covid-19, Monumen Hiperbarik, Gedung MRI dan Bangunan Lorong Bawah Tanah Cagar Budaya. Dalam kesempatan tersebut saat berada di ruang Hiperbarik Chamber, Waaspers Kasal beserta rombongan mendapatkan penjelasan dari Kadep Kutema Kolonel Laut (K) Dr. dr. Hisnindarsyah, S.E.,M.Kes.,M.H.C.FEM tentang terapi oksigen hiperbarik chamber yang menjadi salah satu unggulan fasilitas kesehatan yang dimiliki RSAL dr. Midiyato Suratani. Bukan tanpa alasan, mengingat sesuai yang disampaikan oleh Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B hanya ada beberapa rumah sakit di Indonesia khususnya di TNI AL yang memiliki fasilitas terapi oksigen hiperbarik dengan memanfaatkan oksigen bertekanan khusus 2,4 atmosfir, salah satunya adalah RSAL dr. Midiyato Suratani.

Dalam penjelasannya dihadapan Waaspers Kasal, Kadep Kutema menerangkan, bahwasannya “terapi dengan memanfaatkan oksigen dengan tekanan khusus hanya tersedia di beberapa rumah sakit di Indonesia. Terapi ini menggunakan oksigen bertekanan 2,4 atmosfer, sementara dalam kondisi bernafas normal manusia hanya menggunakan oksigen bertekanan 1 atmosfer. Lebih lanjut dijelaskan, Terapi ini pada awalnya ditujukan bagi para penyelam untuk membiasakan diri setelah melakukan penyelaman, dikarenakan para penyelam tersebut biasanya mengalami dekompresi akibat perbedaan tekanan di bawah laut, dan untuk menyesuaikan kembali ke kondisi normal daratan dilakukan terapi dengan memanfaatkan oksigen bertekanan khusus seperti yang dimiliki oleh RSAL dr. Midiyato Suratani, namun seiring berjalannya waktu terapi yang dilakukan didalam sebuah tabung silinder khusus yang disebut chamber dengan material terbuat dari baja yang berbentuk seperti kapal selam tersebut, kemudian dimanfaatkan untuk terapi tambahan pada berbagai penyakit klinis. Oksigen Hiperbarik merupakan metode terapi yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan didukung berbagai hasil penelitian (Evidence Base Medicine).
Manfaat terapi Oksigen Hiperbarik diantaranya adalah untuk pengobatan
utama yaitu penyakit penyelaman (Decompression Sickness dan Emboli Gas Arteri), keracunan gas (CO, HCN, H2S) dan mempercepat pelepasan gas beracun.

Manfaat Klinisnya untuk penyembuhan luka yang sulit disembuhkan seperti luka pada penderita kencing manis, luka terinfeksi, gas gangren, infeksi tulang, crush injury, compartment syndrome, luka bakar, luka pasca operasi dan transplantasi. Dan juga dapat
meningkatkan sistem pertahanan tubuh untuk mengatasi infeksi, pembentukan cabang-cabang pembuluh darah baru untuk mengatasi penyumbatan dan kerusakan pembuluh darah.

Selain itu untuk pengobatan kencing manis, gangguan saraf seperti stroke dan neuropati,gangguan telinga seperti tuli mendadak dan telinga berdenging, gangguan keseimbangan seperti vertigo, penyempitan pembuluh darah mata, gangguan saluran cerna seperti tukak lambung, mengatasi infeksi Jamur, alergi, meningkatkan kebugaran
pada dekade terakhir yang terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan kecantikan, serta dapat
meningkatkan kadar Oksigen seluruh tubuh dan mempercepat recovery pada kelelahan fisik dan meningkatkan kebugaran,
meningkatkan pembentukan jaringan kolagen untuk kelenturan dan kecantikan kulit”.

Meskipun dalam kunjungan tersebut berlangsung hanya satu jam saja karena merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kunjungan safari pers yang dilaksanakan di wilker Lantamal IV Tanjungpinang,
namun sangat berarti bagi RSAL dr. Midiyato Suratani karena merupakan sebagai bentuk perhatian dan pembinaan serta upaya dukungan peningkatan moril yang ditunjukkan dari pimpinan atas kepada pimpinan dan personil Rumkital setempat yang menjadi bagian yang sangat penting dalam mendukung pembangunan TNI Angkatan Laut di bidang kesehatan, hal ini tentunya menjadi sangat penting dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI/TNI AL. Dapat mengetahui kebijakan dan informasi yang diberikan oleh satuan atas sehingga dapat dimengerti, dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh personel yang ada untuk mengetahui permasalahan aktual yang terjadi di lapangan atau satuan kerja masing-masing wilayah.

Selama kegiatan berlangsung, Waaspers Kasal selalu menekankan
untuk senantiasa melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan kerja dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut selain dari pejabat RSAL dr. Midiyato Suratani, diantaranya, Kadisminpers Lantamal IV Letkol Mar Drs. Dadan Solahudin Al A, M.M, Kadiskes Lantamal IV Letkol Laut (K) Muji W, SKM, M.M.,Tr.,Opsla, Pabanwatpers Lantamal IV Letkol Laut (KH) Udung Nurohman, S.Ag dan Pabandalpers Lantamal IV Mayor Laut (KH) Yudefri S.Kom.,M.H.

Kegiatan di Rumkital setempat selesai, selanjutnya Tim Safari Pers melanjutkan perjalanan menuju ke Diskes Lantamal IV dan Yonmarhanlan Tanjungpinang. Selama kegiatan berlangsung dapat berjalan lancar dan aman dengan tetap dapat menerapkan protokol kesehatan. (MJA/HBG/Pen RSAL dr. MDTS).

Berita Lainnya