oleh

Pangdam XIII/Merdeka Berikan Mata Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan Tentang Nilai-Nilai Pancasila

OKEBUNG|
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis ke-72 Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) yang diselenggarakan bertempat di Auditorium Universitas Sam Ratulangi Manado, Rabu (9/2/2022).

Dalam seminar tersebut Pangdam XIII/Merdeka mengutip kata-kata dari Presiden RI pertama Ir. Sukarno yang berbunyi: “Kita harus punya ciri khas dan karakter tersendiri yang membedakan antara kita sebagai orang Indonesia dengan orang-orang luar negeri.” ucap Pangdam

Lebih lanjut Pangdam juga mengungkapkan rasa keprihatinannya terhadap sikap para pemuda/mahasiswa Indonesia yang cenderung kurang menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila, padahal sudah jelas bahwa Pancasila itulah ciri khas dan karakter bangsa Indonesia.

“Nyatanya,” tambah Pangdam, “saat ini sangat sedikit mahasiswa yang mau memikirkan bagaimana menjaga Pancasila, bagaimana kita bisa mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila itu hanya untuk satu tujuan, yaitu menjaga negara kita ini.”

Di akhir materinya Pangdam XIII/Merdeka mengapresiasi usaha para mahasiswa yang mau menggelar kegiatan ini, karena dengan adanya kegiatan tersebut pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila dapat ditingkatkan lagi agar dapat menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan mahasiswa sebagai ujung tombang generasi penerus Indonesia.

“Terima kasih, saya bangga karena kalian masih mau membicarakan tentang masalah keberlangsungan Pancasila dan mari kita jaga.” tutup Pangdam

Seminar tersebut turut dihadiri oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, IPU, Ketua Dewan Pembina Puspulkom Indonesia Firman Jaya Daeli, Wakil Ketua BPIP Prof. DR. Hariyono, M.Pd, Perserikatan Organisasi Kepemudaan Nasional Muh. Ryano Panjaitan, Ketua Umum PP GMKI Jefri Edi Irawan Gultom, dan Sekertaris Umum PP GMKI Michael Anggi.

Pendam Merdeka

Berita Lainnya