oleh

Kasad : Dansat Mengambil Keputusan dan Kebijakan Harus Melibatkan Eselon Terdepan

OKEBUNG|
TNI AD telah mengeluarkan kebijakan dalam bidang rekrutmen prajurit. Saat ini rekrutmen tidak lagi menggunakan sistem zonasi, tetapi menggunakan sistem alokasi per Kodam, sehingga kewenangan semua ada di tangan Pangdam.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., saat memberikan pengarahan kepada seluruh unsur komandan satuan dan prajurit serta anggota Persit Kartika Chandra Kirana di Aula Kodam VI/Mulawarman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (6/1/2022).

Jenderal bintang empat yang pernah menjabat sebagai Gubernur Akmil ini mengatakan bahwa kesejahteraan prajurit akan menjadi Prioritas dan yang paling Utama, kalau kesejahteraannya bagus dan morilnya tinggi maka akan menang terus ketika berperang.

“Kesejahteraan prajurit yang dimaksud adalah mulai dari kelengkapan perorangan serta fasilitas lainnya guna mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD dalam menjaga wilayah NKRI,”tegas Jenderal bintang empat yang pernah menjabat Pangkostrad ini.

Kasad juga mengatakan ,Nanti akan saya dukung baju loreng, kaos, sepatu hingga kaos kaki. Begitu juga perumahan – perumahan akan diperbaiki. Kesejahteraan prajurit menjadi prioritas.

“Kepada para komandan satuan ketika akan mengambil keputusan dan kebijakan harus melibatkan eselon terdepan (anggota), karena keputusan dan kebijakan itu akan berdampak kepada mereka. Pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang dicintai anak buahnya, tapi yang lebih hebat lagi kalau pemimpin itu mencintai anak buahnya,”sebut Kasad.

“Jangan semena-mena dalam mengambil keputusan dan kebijakan, kalau salah-salah maka akan merugikan prajurit dan keluarganya,” ujarnya.

Di akhir pengarahannya Kasad berpesan ciri pemimpin yang berhasil itu harus punya imajinasi, inovasi, visi dan misi, harapan serta cita-cita, sehingga ada getarannya dan ada bedanya yang nantinya akan berdampak bukan hanya terhadap karier tetapi juga kepada anak buah.

Selesai pengarahan Kasad kepada para komandan satuan, prajurit dan anggota Persit jajaran Kodam VI/Mulawarman juga diluncurkan aplikasi Smart Babinsa. (Dispenad)

Berita Lainnya