oleh

Impian Warga Dusun Puluhan Segera Jadi Kenyataan

OKEBUNG | Marji (50), salah seorang  petani yang warga tercatat sebagai warga Dusun Puluhan, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jateng, merasa bersyukur terkait masuknya TMMD reguler ke-112 Kodim 0705/Magelang di desanya. 

Ungkapan rasa syukur yang dikemukakan oleh Marji, bukan tanpa alasan. Ia berharap setelah kegiatan TMMD ini usai, akses transportasi warga sudah bisa lancar terutama saat mengangkut pakan ternak dan hasil pertanian. 

Bahkan pria berusia paruh baya ini, secara sukarela ikut membantu Satgas TMMD Kodim Magelang dalam mengerjakan sejumlah kegiatan TMMD. Salah satunya pengerasan jalan. 

Sejak TMMD masuk di desanya, pria yang sehari-hari pencari rumput untuk pakan ternak ini pandai-pandai membagi waktunya. Tak heran jika Marji mencari rumput pakan ternak ia harus berangkat lebih pagi lagi, karena ia harus ikut membantu Satgas TMMD. 

“Pokoknya harus disiplin saya. Karena bapak TNI juga disiplin. Pagi-pagi nyari rumput, terus pukul 08.00 WIB harus sudah gabung dengan Satgas TMMD kerja,” ujarnya. 

“Sedang urusan tanaman di kebun, sementara waktu ditangani oleh sang istri,” timpal Marji. 

Ya, salah satu kegiatan fisik TMMD di Desa Ketep ini yakni pengerasan jalan yang menghubungkan antara Desa Ketep dengan Desa Kapuhan.

Jalan sepanjang hampir satu kilo meter itu dulunya jalan tani. Namun seiring berjalannya waktu, jalan ini menjadi jalan alternatif warga untuk mengangkut hasil pertanian ke pasar. 

Gayung bersambut, disaat jalan ini diharapkan warga bisa menjadi jalan yang bagus, justru terpilih menjadi lokasi kegiatan TMMD. Kini jalan ini dalam tahap pengecoran okeh prajurit TNI bersama warga setempat. 

Warga yang ikut terlibat dalam kegiatan TMMD ini, tak hanya Marji. Warga yang lain pun turut ikut bersama-sama secara sukarela. Keikutsertaan warga, bukan keterpaksaan melainkan pilihan hati mereka. 

“Kita ikut ini, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kami karena jalan yang telah diimpikan menjadi jalan yang bagus, mulus tanpa bebatuan akan segera terwujud,” jelas Marji lagi. (Pendim0705/mgl/muis) 

Berita Lainnya