oleh

Danpussenarhanud Kodiklatad Resmikan Lapangan Bulutangkis R. Harsoyo dan PB Vyati

OKEBUNG|
Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Danpussenarhanud) Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung, S.Sos., M.M. didampingi Wadanpussenarhanud Brigjen TNI Erwin Septiansyah, S.I.P., meresmikan Lapangan Bulutangkis R. Harsoyo dan PB Vyati, di Mako Pussenarhanud, Jalan Sriwijaya Raya Kota Cimahi, Sabtu (14/5/2022).

Penyediaan fasilitas lapangan bulutangkis ini merupakan salah satu sebagai bentuk kepedulian Pussenarhanud terhadap perkembangan olahraga cabang bulutangkis yang ada di Kota Cimahi serta sebagai kontribusi nyata Pussenarhanud kepada masyarakat di bidang olahraga.

Dalam sambutannya, Danpussenarhanud Mayjen TNI Karev Marpaung menyampaikan bahwa peresmian lapangan bulutangkis serta berdirinya PB. Vyati Pussenarhanud Kodiklatad sebagai wadah bagi para prajurit dan keluarga besar yang memiliki hobi bulutangkis, sekaligus akan menjadi tempat lahirnya atlet-atlet bulutangkis Indonesia.

“Saya mengajak kepada kita semua mari bersama-sama memasyarakatkan olahraga khususnya bulutangkis, serta mengolahragakan masyarakat sehingga terwujud pola hidup yang sehat. Ingat “men sana in corpore sano” yaitu di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat sehingga kita dapat memberikan manfaat bagi sesama dan lingkungan dimanapun kita berada,” jelasnya.

Mayjen TNI Karev Marpaung juga mengatakan bahwa untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan prestasi olahraga di Kota Cimahi dan Jawa Barat, Pussenarhanud Kodiklat TNI Angkatan Darat sedang mengembangkan Sport Centre di sekitar Mako Pussenarhanud. “Kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menjadikan kawasan ini sebagai Cimahi Sport Centre, untuk membantu mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat dibidang olahraga,” ungkapnya.

Keinginannya tersebut juga selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman. TNI dalam perannya harus mampu berkontribusi kepada pemerintah dan masyarakat dalam hal apapun, termasuk dibidang olahraga. “Berhubung kondisinya kebetulan ada di Kota Cimahi, kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapa saja, apalagi masyarakat sekitar yang ingin menggunakan fasilitas olahraga, bisa datang dan silahkan pergunakan sebaik-baiknya,” cetus Mayjen TNI Karev.

Ia menyebut, fasiltas olahraga yang sudah ada di Pussenarhanud Kodiklatad diantaranya lapangan sepakbola, volley, tenis, futsal, basket, panahan maupun lapangan menembak serta yang lainnya. Keberadaannya bisa dimanfaatkan seluruh elemen dan masyarakat.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pembuatan fasilitas olahraga bulutangkis ini. Lapangan ini adalah milik kita bersama, mari senantiasa kita pelihara, kita jaga dan kita rawat dengan sebaik-baiknya. Saya berharap adanya suatu kesadaran dan rasa memiliki serta diikuti dengan sistem pemeliharaan yang benar sehingga dapat memperpanjang usia pakai fasilitas ini”, pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana, berhubung Kota Cimahi tidak mempunyai sumber alam yang memadai, pemerintah daerah akan lebih fokus melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pihaknya mengaku jika tidak dibantu jajaran TNI seperti saat ini, pengembangan SDM yang menjadi fokus pemerintah seperti teknologi, animasi, telematika, informatika, serta menciptakan bibit atlet berprestasi di tingkat kota, provinsi, nasional maupun internasional, akan terasa sulit untuk diwujudkan.

“Makanya kita harus berkolaborasi dengan TNI. Dengan kolaborasi seperti ini, ia berharap akan lahir atlet-atlet yang berprestasi baik ditingkat Jawa Barat, nasional maupun internasional,” ucapnya.

Ditempat yang sama Ketua Harian PBSI Jawa Barat Gianto Hartono menyampaikan apresiasi terhadap diresmikannya lapangan Bulutangkis R. Harsoyo Pussenarhanud yang telah membangun lapangan bulutungkis serta berkontribusi dalam melahirkan atlet bulutangkis di daerah nasional maupun internasional.

Peresmian Lapangan Bulutangkis R. Harsoyo di tandai dengan pemotongan pita dan pemukulan shuttle cock pertama oleh Mayjen TNI Marpaung, S.Sos., M.M. selaku Danpussenarhanud. Setelah itu, dilanjutkan dengan Pertandingan Ekpedisi bersama Atlet Bulutangkis Indonesia Liliana Natsir dan Tontowi Ahmad yang merupakan atlet ganda campuran Indonesia juara Olimpiade 2016 di Rio de Jainero, Brasil.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kadisjasad, Ketua KONI Cimahi, Ketua PBSI Cimahi, para Pejabat Pussenarhanud, Dandim 0609/Cimahi, Kapolres Cimahi.

Pen Pussenarhanud
Foto : Pussenarhanud Kodiklatad

Berita Lainnya