oleh

Dankodiklat TNI AL Pimpin Upacara Wisuda Purna Bhakti Prajurit dan PNS Kodiklatal Tahun 2021

OKEBUNG| Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat memimpin upacara Wisuda Purna Bhakti Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodiklatal Tahun 2021 yang dilaksanakan di lapangan Laut Maluku Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (29/9/2021).

Tampak hadir dalam upacara Wisuda Purna Bhakti tersebut Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Kapokgadik, para Direktur Kodiklatal dan Komandan Kodik dijajaran Kodiklatal, selain itu hadir pula para Komandan Pusdik Kodiklatal dan Wakil Ketua PPAL Laksma TNI (Purn) J. Judiono.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa upacara yang kita selenggarakan ini, merupakan salah satu tradisi TNI AL untuk memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada 115 orang anggota Kodiklatal yang terdiri dari 104 orang purnawirawan TNI AL dan 11 orang Wredatama PNS yang memasuki masa purna tugas dan mengakhiri pengabdian formalnya sebagai anggota dan PNS TNI AL di lingkungan Kodiklatal.

Tidak hanya sebagai simbolisasi formal, namun upacara tradisi Wisuda Purna Bhakti hari ini memiliki dua makna yang penting, baik bagi organisasi maupun bagi para wisudawan. Bagi organisasi, upacara ini merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi dari pemimpin TNI AL atas darma bhakti, dedikasi, loyalitas dan kinerja wisudawan selama menjadi prajurit maupun Pegawai Negeri Sipil TNI AL di lingkungan Kodiklatal.

Makna yang kedua, mengandung nilai-nilai yang menggambarkan peristiwa di akhirinya perjalanan panjang pengabdian para wisudawan serta simbol pewarisan nilai-nilai luhur kepemimpinan dari generasi yang telah memasuki masa purnabakti kepada generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan dan pengabdian pada TNI AL, bangsa dan negara khususnya Kodiklatal tercinta.

Untuk mengakrabkan dengan prajurit dan PNS purna tugas, selesai kegiatan upacara di lanjutkan dengan kegiatan ramah tamah yang juga dilaksanakan di lapangan Laut Maluku Bumimoro Surabaya, kegiatan diawali dengan pembukaan, sambutan Dankodiklatal, kesan pesan perwakilan purna tugas, pemberian tali asih kepada perwakilan personel purna bhakti diakhiri pelepasan dengan jajar kehormatan.

Berita Lainnya