oleh

Dandim 0906/Kutai Kartanegara Terima Anugrah Sebagai Tokoh Inovatif Kaltim Tahun 2021

SAMARINDA.www.okebung.com – Meskipun ditengah wabah pandemi covid-19 namun inovasi dan kreatifitas Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) untuk membantu masyarakat patut di acungi jempol.

Bagaimana tidak, beberapa inovasi dan kreatifitasnya di ganjar apresiasi dan penghargaan, baik dari Panglima TNI maupun dari Kepala Staf Angkatan Darat.

Di tengah pandemi covid-19 tercatat ada beberapa hal yang dilakukan jajaran Kodim 0906/Kkr dan dijadikan role model dalam konteks Nasional, adalah tim mobile yang berlaku di semua jajaran Koramil di bawah Kodim 0906/Kkr.

Pertama dari ibu-ibu Persit sudah mengembangkan hand sanitizer berbahan dasar herbal dan ini sudah sampai kepada Panglima TNI dan Ibu, kemudian Kepala Staf Angkatan Darat dan itu dijadikan suatu injeksi positif bagi ibu-ibu Persit di seluruh Indonesia.

Inovasi sterilisasi box dan saat ini sudah lebih dari 50 box yang telah didistribusikan, bukan hanya di Kukar saja tetapi juga di Jakarta, Surabaya dan daerah lainnya di pulau Jawa.

Peran Babinsa mengajar di Desa Enggelam di wilayah Koramil Kecamatan Kota Bangun, dan ini perintah dari Kepala Staf di berikan juga apresiasi.

Paling menonjol dari kegiatan yang dilakukannya adalah program Desa Sinergi Hijau yang berada di Desa Tanjung Batu kecamatan Tenggarong Seberang. Dimana sesuai dengan petunjuk Pangdam, Program Desa Sinergi Hijau, Kawasan Ketahanan Pangan Strategis Nasional yang diinisiasi oleh Kodim 0906/Kkr akan dijadikan pilot project.

Hal ini mendapat perhatian dari CEO Kaltim Post Group Ivan Firdaus memberikan Penghargaan kepada Dandim 0906/Kkr  yang dinilai selama tahun 2021 telah mengembangkan banyak inovasi khususnya peran TNI di masa Pandemi yang sangat positif. Rabu (5/1/2022)

Adapun kriteria penilaian telah melalui penjaringan oleh tim pengamat kebijakan Publik dan awak media Kaltim Post dan diberikan kepada tokoh-tokoh Kaltim.

Komandan Kodim (Dandim) 0906/Kkr Letkol Inf Charles Alling  saat berkunjung ke Kaltim Post di Balikpapan dalam rangka HUT Kaltim Pos ke 34 tahun 2022 mengatakan, “Keberhasilan tidak akan datang tanpa adanya kerja keras dan itu juga tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan semua pihak, terutama support dari Pemkab Kukar, Polres Kukar,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakatnya sendiri”.

“Salah satunya bagaimana dari sana kita menyiapkan lumbung pangan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim, dan ini akan menjadi contoh, berarti apa yang sudah kita lakukan sesuai dengan keinginan pimpinan di AD,” ujarnya.

“Sebenarnya masih banyak lagi hal yang positif dan tentunya dirinya sangat mengapresiasi kepedulian prajurit TNI Kodim 0906/Kkr di lapangan, yang melihat setiap tantangan itu menjadi peluang untuk hadir di tengah-tengah masyarakat untuk bisa memberikan manfaat.

“Apresiasi yang diberikan kepada kami tentu menjadi dorongan positif untuk terus melanjutkan pengabdian terbaik kepada Bangsa dan Negara, “pungkasnya.

Penrem 091/ASN

Berita Lainnya