oleh

Buka Turnamen Kasal Cup, Kasal Tegaskan Prinsip “Untuk Apa Menang Kalau Curang”

OKEBUNG|
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono membuka Kejuaraan Open Turnamen Bulutangkis Kasal Cup 2022 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai 16 Februari 2022, bertempat di Lapangan Bulutangkis Krida Pamenang Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Selasa (8/02).

Olahraga bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga paling populer dan paling berprestasi bagi masyarakat Indonesia, sehingga menjadikan bulutangkis sebagai bagian dari gaya hidup prajurit TNI Angkatan Laut. “Kejuaraan Bulutangkis Kasal Cup 2022 adalah salah satu upaya menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup prajurit TNI Angkatan Laut. Selain itu, sebagai upaya untuk menjaring dan merangsang lahirnya bibit-bibit atlet bulutangkis yang dapat mewakili TNI Angkatan Laut, bahkan negara.

Dalam kesempatan tersebut Kasal menggaris bawahi pentingnya prinsip “untuk apa menang kalau curang” yang bukan hanya relevan dalam kejuaraan olahraga, tetapi juga sangat tepat dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam membangun jiwa korsa dalam kehidupan prajurit TNI Angkatan Laut. “Lebih baik mengalahkan ego daripada memenangkan perselisihan,” tegas Kasal.

Menurut Kasal, soliditas dan jiwa korsa adalah kekuatan utama sebagai prajurit. Soliditas dan jiwa korsa dapat ditunjukkan dengan bermain secara sportif dilandasi prinsip fair play dalam setiap pertandingan, serta memberikan performa terbaik demi meraih prestasi sebagai atlet yang profesional. Membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul harus menjadi bagian dan gaya hidup prajurit TNI Angkatan Laut. Sebab, kesiapan dan kemampuan fisik adalah prasyarat mutlak untuk menjadi anggota militer yang profesional.

Kejuaraan Bulutangkis Kasal Cup 2022 ini, menyelenggarakan delapan nomor yang dipertandingkan yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, ganda Perwira Tinggi (Pati) dan ganda Perwira Menengah (Pamen). Sedangkan jumlah peserta yang terdaftar mengikuti lomba ini sebanyak 187 orang, di antaranya Mabesal 28 peserta, Pushidrosal 17 peserta, Kodiklatal 15 peserta, Koarmada I 18 peserta, Koarmada II 16 peserta, Koarmada III 13 peserta, Kolinlamil 13 peserta, Kormar 22 peserta, AAL 14 peserta, Seskoal 16 peserta, Puspenerbal 11 peserta, Puspomal 4 peserta.

Tournamen ini turut dimeriahkan dengan kehadiran para Pebulutangkis Internasional dan artis Raffi Ahmad yang dibuka dengan pertandingan ganda antara Kasal berpasangan dengan Taufik Hidayat melawan Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono berpasangan dengan Alvent Yulianto Chandra.

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Berita Lainnya