oleh

BABINSA KORAMIL 0201-14/PB HADIRI MEDIASI WARGA DENGAN PIHAK PT NUSA DUA BEKALA (NDB) DI KANTOR DESA NAMO BINTANG.

OKEBUNG|
Bertempat di Aula Kantor Desa Namo Bintang Kec Pancur Batu, pada hari ini (23-09-2021) telah di laksanakan Musyawarah sekaligus Mediasi antara Perwakilan warga Dusun 2 Desa Namo Bintang dengan Perwakilan PT Nusa Dua Bekala (NDB) terkait dengan penggunaan lahan milik PT NDB yang selama ini di tanami oleh warga Dusun 2 Desa Namo Bintang. Salah satu warga tersebut yakni Ibu Rosenni Sembiring telah menanam beberapa jenis tanaman di Lahan HGU PT NDB yang selama ini kosong dan tidak terawat kondisi nya.

Hal ini di lakukan oleh Ibu Rosenni Sembiring bersama beberapa orang warga lain nya bertujuan untuk membersihkan lahat tersebut agar tidak semakin di tumbuhi semak belukar yang dapat menjadi tempat bersarang nya hewan liar berbisa, juga sekaligus di manfaatkan oleh warga sekitar untuk mencari nafkah di tengah sulit nya mendapatkan pekerjaan dan penghasilan pada masa pandemi Covid 19 saat ini.

Namun demikian, tindakan yang di lakukan oleh Ibu Rosenni bersama beberapa orang warga lain nya tersebut dengan menanami Lahan HGU PT NDB tanpa seijin dari Pihak PT NDB tentu nya tidak dapat di benarkan secara Hukum, meski dengan alasan apa pun. Sehingga di khawatirkan hal tersebut dapat menimbulkan konflik atau pun keributan antara warga Dusun 2 yang sedang menanam di Lahan HGU dengan PT NDB selaku Pemilik Lahan tersebut.

Untuk meminimalisir potensi keributan dan konflik tersebut, pada siang hari ini Perangkat Desa Namo Bintang Kec Pancur Batu mengadakan Musyawarah sekaligus Mediasi antara Perwakilan warga Dusun 2 dengan Perwakilan PT NDB di Kantor Desa Namo Bintang. Kegiatan Musyawarah sekaligus Mediasi yang di laksanakan tersebut di laksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan terhadap seluruh Peserta yang hadir.

Beberapa Peserta Musyawarah sekaligus Mediasi yang tampak hadir pada hari ini di Aula Kantor Desa Namo Bintang, antara lain adalah sbb =
1. Panit Intel Polsekta Pancur Batu Ipda Pol GE Ginting.
2. Kepala Desa Namo Bintang Bapak Ridwan.
3. Babinsa Koramil 0201-14/PB Serda JA Saragih.
4. Babhinkamtibmas Aiptu R Sinulingga.
5. Asisten dari PT NDB Bapak Suriadi.
6. Petugas Lapangan PT NDB Bapak Lajur Ginting.
7. Bapak Misno mewakili Pihak warga Dusun 2 Desa Namo Bintang.

Beberapa Point Kesepakatan yang kemudian di hasilkan antara Perwakilan warga Dusun 2 Desa Namo Bintang dengan Perwakilan PT NDB dalam Musyawarah sekaligus Mediasi hari ini adalah sbb =
1. Mencegah agar tidak terjadi keributan dan konflik antara kedua belah Pihak di Lahan HGU tersebut. Baik warga Dusun 2 Desa Namo Bintang maupun PT NDB agar masing masing menahan diri dan tidak melakukan hal hal anarkis yang melawan Hukum.
2. Di sarankan kepada warga yang menanami Lahan HGU tersebut agar membuat Surat Permohonan sekaligus Ijin tertulis kepada Pihak PT NDB selaku Pemilik Lahan.
3. Nanti nya Surat Permohonan dari warga Dusun 2 Desa Namo Bintang tersebut akan di sampaikan oleh Perwakilan PT NDB yang hadir dalam Musyawarah sekaligus Mediasi hari ini kepada Pimpinan PT NDB, untuk mendapat Instruksi selanjut nya dalam beberapa hari ke depan.

“Setelah kita seluruh nya mengikuti Musyawarah sekaligus Mediasi hari ini di Kantor Desa Namo Bintang, saya harapkan tidak terjadi keributan atau pun konflik antara warga yang menanam di Lahan kosong HGU dengan PT NDB selaku Pemilik Lahan tersebut. Kemudian untuk Surat Permohonan warga Dusun 2 yang sudah kita sepakati tadi, kita juga minta kepada Perwakilan PT NDB yang hadir disini, untuk segera menyampaikan Surat Permohonan tersebut kepada Pimpinan PT NDB. Agar warga Dusun 2 juga mendapat kejelasan dan kepastian terkait dengan Ijin menanami Lahan kosong tersebut. Sehingga masing masing Pihak untuk saat ini agar menahan diri dengan tidak melakukan hal hal anarkis yang melawan Hukum di Lahan HGU tersebut.” Demikian hal yang di sampaikan oleh Babinsa Koramil 0201-14/PB menjelang berahir nya kegiatan Musyawarah sekaligus Mediasi hari ini di Aula Kantor Desa Namo Bintang Kec Pancur Batu. (14/PB).

Berita Lainnya