oleh

Asah Naluri Tempur, Peserta Lattap Danki Perdalam Materi IMMP

Okebung

Peserta Latihan Pemantapan (Lattap) Komandan Kompi (Danki) melaksanakan praktek lapangan Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP) di daerah latihan Puslatpurmar 4 Purboyo, Bandungrejo, Bantur, Kabupaten Malang. Rabu (18/05/2022).

Latihan ini merupakan kelanjutan Latihan Pemantapan Komandan Batalyon (Lattap Danyon) Komandan Kompi, Komandan Peleton, Komandan Regu (Danru) dan Kepala Seksi (Kasi) Korps Marinir TA. 2022 yang telah dibuka Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dankolatmar) Kolonel Marinir I Made Sukada selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) pada tanggal 10 Mei yang lalu.

Lattap Danki diikuti sebanyak 51 Komandan Kompi dijajaran Korps Marinir yang meliputi Pasmar 1, Pasmar 2, Pasmar 3 dan Brigif 4 Mar BS ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., tentang penyelarasan doktrin, operasi dan latihan (Ops-Lat), dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptif terhadap dinamika situasi terkini, serta dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur satuan-satuan jajaran Korps Marinir.

Kemajuan teknologi bukan menjadi alasan prajurit Korps Marinir untuk berhenti mempelajari IMMP. Seperti halnya latihan kali ini dilaksanakan tanpa menggunakan alat bantu seperti HP maupun GPS, sehingga pada saat mereka berada di medan operasi yang tidak memiliki sinyal mereka mampu membaca dan menguasai medan sekitar menggunakan peta dan kompas sehingga tidak mengandalkan alat bantu GPS.

Diharapkan para Komandan Kompi mampu memahami dan menguasai serta menerapkan IMMP dengan baik dan benar guna menunjang di medan operasi, karena ini merupakan pembinaan naluri dan teknik membaca situasi medan pada saat pertempuran.

Berita Lainnya