oleh

Wow,Ternyata Korban Investasi Bodong Wadermind Capai 3.000 Nasabah

OKEBUNG|
Setelah didata ternyata korban investasi bodong yang dilakukan oleh pihak PT Wandermind di Papua sebanyak 3.000 nasabah. Selama setahun terakhir, perusahan itu meraup untung Rp262 miliar. Jumlah kerugian tersebut diprediksi akan terus bertambah karena belum semua korban tercatat oleh polisi.

Direktur Kriminal Khusus Polda Papua Kombes Guntur Setiyanto mengatakan, pada awalnya pemimpin perusahaan itu yakni Goenarni Goenawan menargetkan korban yang berpendidikan tinggi seperti dosen.

“Dia itu merekrut dosen, ada juga pegawai pemkot di salah satu wilayah di Papua. Itu supaya dipercaya bahwa investasi ini dinilai benar,” ungkaap Guntur dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (30/05/2015),dilansir okezone.com.

Dia menambahkan,bahwa pelaku mengunggah testimoni para penjabat dan orang-orang berpendidikan tinggi di media sosial Youtube. Hal itu bertujuan meyakinkan target korban. “Itu sebagai upaya mereka untuk menjerat korban untuk gabung,” urainya.

Kemudian, kata dia,dalam situs investasi bodong itu disebutkan kantor pusat PT Wandermind beada di Los Angeles. Setidaknya informasi tersebut membuat korban semakin yakin. Lebih dari 70 ribu akun terdaftar di situs tersebut hingga pelaku tertangkap pada 8 Mei 2015.

“Sistem (penipuan) ini pernah membuat kacau perekonomian Rusia dulu. Kegiatan ini, menurut promosinya, kantor pusatnya ada di Los Angeles. Tapi sampai saat ini kita belum tahu kebenarannya,” jelas Guntur.

Bisnis ilegal yang dijalankan Goenari melalui perusahaannya diduga menggunakan skema Ponzi. Caranya, mengiming-imingi korban mendapat keuntungan dengan cara perputaran dana milik nasabah sendiri. (abp)
(admin)

Foto|ilustrasi uang\dok.net\

News Feed