oleh

Wali Kota Surabaya Terbaik Ketiga di Dunia

OKEBUNG|
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali mendapat pengakuan publik internasional. Berkat kerja kerasnya berhasil membenahi Kota Surabaya, Risma diganjar dengan World Mayor Commendation dan terpilih sebagai Wali Kota terbaik ketiga dari World Mayor Project, yayasan yang mempromosikan dan menilai kinerja Wali Kota di dunia.

Dalam pernyataan resmi di laman worldmayor.com hari ini, Selasa 3 Februari 2015, Risma dinilai telah berhasil menerapkan kebijakan yang pro lingkungan, memperhatikan aspek sosial dan tetap mendukung kemajuan ekonomi. Bersama-sama dengan Wali Kota Calgary, Kanada, Naheed Nenshi; dan Wali Kota Ghent, Belgia, Daniel Termont; yang menjadi juara satu dan dua, Risma masuk 10 besar Wali Kota terbaik dunia.

Ketika terpilih sebagai Wali Kota pada 2010, Risma mewarisi Surabaya sebagai kota yang diabaikan oleh pemerintahan sebelumnya. Namun tak butuh waktu lama, Risma segera mengubah wajah Surbaya. Yang fenomenal adalah kebijakannya membangun taman-taman dan ruang terbuka hijau. Kini setidaknya ada sebelas taman besar di Surabaya, masing-masing punya tema yang berbeda-beda. Jalan-jalan kota pun menjadi sejuk dan rindang dengan keberadaan taman kota.

Taman-taman tersebut juga menyediakan akses Wi – Fi dan juga perpustakaan, juga pusat kebugaran, dan fasilitas olahraga lainnya. Keberadaan ruang terbuka hijau ini berfungsi sebagai ruang resapan air.

Dalam memimpin Kota Surabaya, Tri Rismaharini tidak berjalan sendirian, tapi melibatkan warga kota untuk ikut serta. “Sebuah kota pertama-tama dan terutama harus menjadi rumah bagi warganya,” Risma belajar dari pengalaman kota-kota besar lainnya di Asia dan Eropa, sebuah pembangunan kota yang besar-besaran justru mengasingkan warganya. Karena itu, Risma menutup lokalisasi pelacuran Dolly dan memberdayakan para pekerja seks komersial dengan berbagai keterampilan.

Baru-baru ini, Risma ikut hadir dan memberi semangat kepada keluarga korban jatuhnya penerbangan AirAsia QZ8501.(tmp\admin)

Foto |Risma\Net|

News Feed