oleh

Walaupun Tersangka,Komjen Pol Budi Gunawan Disetujui DPR Jadi Kapolri

OKEBUNG|
Walaupun Komjen Pol Budi Gunawan ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan adanya transaksi mencurigakan,namun berdasarkan hasil rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akhirnya menyetujui Komjen Pol Budi Gunawan untuk menjadi Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Sutarman.

Pimpinan sidang , Taufik Kurniawan, mengatakan, hal tersebut diputuskan setelah melalui kajian yang sangat mendapat dan argumentatif dari tiap fraksi, yang dilakukan dengan mengedepankan beberapa hal dengan tetap mengapresiasi hasil kerja Komisi III dalam melakukan fit and proper test.

Dikutip dari okezone.com,Sehingga dalam proses lobi yang dilakukan antara pimpinan DPR dengan para pimpinan fraksi telah menemukan kesepakatan dan kesamaan pandangan atas penetapan calon Kapolri.

“Sesuai dengan hasil rapat konsultasi yang dilaksanakan antara pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi, disepakati, bahwa dengan pertimbangan dari hasil rapat fit and proper test Komisi III, rapat paripurna menyetujui dalam laporan Komisi III untuk mengangkat Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri,” katanya dalam sidang paripurna DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/01/2015).

Taufik menuturkan, semua fraksi setuju, namun ada beberapa catatan beberapa fraksi, yakni PAN dan Demokrat. Dimana, partai besutan SBY ini meminta untuk dilakukan penundaan lantaran status tersangka kasus dugaan gratifikasi yang melekat di Budi.

Hasil paripurna ini disetujui oleh semua peserta sidang. Alhasil, DPR setuju Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri. Selanjutnya, keputusan ini akan disampaikan kepada Presiden untuk ditindaklanjuti.

“PAN dengan catatan meminta pimpinan DPR lakukan rapat konsultasi dengan Presiden,”tukasnya. (admin)
Foto|dok\budi gunawan\okz

News Feed