oleh

Wadan Rindam II/Swj Paparkan Latihan Pratugas142/KJ Ke Mabes TNI

 
OKEBUNG|
Wakil Komandan Rindam II/Swj Letkol Inf M Soleh mewakili Danrindam II/Swj Kolonel Inf Joko Purwo Putranto, Senin (01/06/2015) memaparkan rencana latihan Pratugas Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini, Yonif 142/KJ Rem 042/Gapu Kodam II/Swj kepada Paban IV/Ops Staf Operasi Mabes TNI Kolonel Inf Trimartono, melalui video conference bertempat di ruang Puskodal Ops Kodam II/Swj, Palembang.

Dalam paparannya, Letkol M Soleh menyampaikan tentang rencana garis besar latihan pratugas yang akan dilaksanakan oleh Satgas Ops Pamtas Yonif 142/KJ di wilayah Muara Bulian Jambi, tanggal 22 Juni s.d 3 Juli 2015 mendatang.

Tujuan latihan pratugas, menurut M. Sholeh adalah untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan serta kesiapan satuan tugas Pamtas Yonif 142/KJ Rem 042/Gapu dalam rangka mengamankan wilayah perbatasan RI – Papua Nugini. 

Adapun materi yang dilatihkan dalam Latihan Pratugas dengan metode Geladi Lapangan ini meliputi : materi teritorial, tempur, intelijen dan hukum.

Selain itu, juga disampaikan bahwa dalam rangka membantu pengajaran anak-anak sekolah SD maupun SMP di wilayah perbatasan RI – Papua Nugini, Yonif 142/KJ telah menyiapkan 48 prajurit sebagai tenaga pengajar yang telah dididik dan dipersiapkan dengan baik.

Selain Wadan Rindam II/Swj, beberapa Kodam juga memaparkan satuan yang akan melaksanakan latihan Pratugas Pamtas di wilayah perbatasan, yakni Danrindam XVII/Cenderawasih, Danrindam VI/Mulawarman dan Danrindam III/Slw. Selesai paparan dari masing-masing Danrindam dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Sementara itu, Paban IV/Ops dalam arahannya antara lain menekankan agar seluruh materi latihan yang akan dilatihkan benar-benar diwujudkan di lapangan dan dilaksanakan oleh pelaku. Juga ditekankan agar persoalan latihan sesuai dengan scenario dan latihan harus dilaksanakan secara benar dan realistis.

Turut hadir mendampingi Wadan Rindam II/Swj, antara lain Para Perwira Staf Rindam II/Swj, Kahubdam II/Swj, Danyonif 142/KJ, Pabanda Ren Ops Kodam II/Swj dan para Perwira Staf Umum Kodam II/Swj.[rel]

News Feed