oleh

Validasi Organisasi, Komandan Kodiklatal Dijabat Pati Bintang Tiga

-TNI AL-1.985 views

OKEBUNG|
Seiring dengan berkembangnya organisasi TNI Angkatan Laut yang semakin besar, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) sebagai lembaga pendidikan juga mengalami Validasi organisasi. Dengan adanya validasi organisasi ini maka jabatan Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) yang semula Perwira Tinggi (Pati) bintang dua menjadi Pati bintang Tiga.

Validasi organisasi ini ditandai dengan diresmikanya jabatan Dankodiklatal kepada Laksda TNI Nurhidayat oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.,di Gedung Auditorium Detasemen Markas (Denma) Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (1/3).

Selain meresmikan jabatan Dankodiklatal, dalam kesempatan tersebut Kasal juga meresmikan jabatan Komandan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksda TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., yang juga validasi dari Kapushidrosal menjadi Danpushidrosal.

Upacara peresmian jabatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/145/II/2021 tanggal 23 Februari 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, serta Surat Keputusan Kasal Nomor 613 dan 615/III/2021 tentang peresmian Kodiklatal dan Pushidrosal yang telah di validasi dan akan dijabat oleh Pati berbintang tiga atau Laksamana Madya.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, selain Dankodiklatal serta Danpushidrosal, TNI Angkatan Laut kedepan juga akan meresmikan dua jabatan bintang tiga lainnya yakni Panglima Koarmada RI dan Komandan Korps Marinir.

Menurutnya validasi organisasi ini menjadi tanggung jawab yang besar terutama dari Kotama bintang dua menjadi Kotama bintang tiga, sehingga dari sisi sarana dan prasarana maupun tugas yang akan diemban harus menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Selain meresmikan jabatan Dankodiklatal dan Danpushidrosal, dalam waktu yang bersamaan juga berlangsung serah terima jabatan Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) dari Laksma TNI dr. Ahmad Samsulhadi kepada Kolonel Laut (K) dr. Agus Guntoro yang sebelumnya menjabat Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) dr. Mintohardjo.

Acara ini ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan, penanggalan dan penyematan tanda pangkat, dan penyerahan tongkat komando, serta penandatanganan Pakta Integritas.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dihadiri pejabat utama Mabesal antara lain Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Irjenal, Koorsahli Kasal, para Asisten Kasal, Pimpinan Kotama TNI AL wilayah Jakarta, dan para Kadis terkait.

News Feed