oleh

Unsur Satgas Perisai Sakti-20 Dan Satgas Operasi Bimasuci -20 Gelar Latihan Bersama

-TNI AL-4.795 views

OKEBUNG|
Sebanyak 4 (empat) KRI dan 1 (satu) pesawat udara intai maritim Unsur gelar kogasgab Ambalat “Perisai Sakti-20” BKO Guspurla Koarmada II yang terdiri KRI Fatahillah-361, KRI Keris-624, KRI Terapang-648, KRI Singa-651, Pesud P-8201 dan KRI Bima Suci dari Satlat Kartika Jala Krida 2020 menggelar latihan bersama di perbatasan RI dengan Malaysia perairan Karang Unarang pada Jumat (20/11).

Latihan dua Satgas ini mulai dari titik Rendenvous (RV) 1,5 NM tenggara Suar Karang Unarang diawali dengan Comm Check, Passing Exercise kemudian dilanjutkan dengan Komunikasi Taktis, Flag Hoist, Manuver Taktis, RAS Approach dan Photo Ecercise.

“Latihan manuver laut ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit di medan tugas serta melatih kemampuan Taruna AAL tingkat III Satlat KJK-20 yang onboard di KRI BSC” terang Letkol Laut (P) Agus Setiawan Komandan KRI FTH-361.

Sementara itu hal senada juga disampaikan Komandan Satgas OBS 20 Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla. “Latihan bersama antara KRI Bima Suci dengan Unsur-Unsur BKO Guspurla Koarmada II di perairan Karang Unarang merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalitas prajurit sekaligus sebagai pembelajaran bagi para Taruna Tk. III angkatan ke-67 yang melaksanakan latihan praktek KJK di KRI Bima Suci”, terang Dansatgas OBS.

Ditempat terpisah Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo saat di konfirmasi pada jumat (20/11/2020) menerangkan,” Latihan bersama ini selain untuk menguji ketrampilan prajurit KRI juga bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada para Taruna AAL tingkat III yang on board di KRI BSC maupun Taruna tingkat IV Satlat Jalayudha yang mengikuti pelayaran di KRI kendali Guspurla Koarmada II dan hal ini selaras dengan Program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka Pembangunan SDM TNI AL yang unggul” Terang Danguspurla Koarmada II.

Selama pelaksanaan latihan bersama ini unsur-unsur yang terlibat latihan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai perintah Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan dalam rangka mencegah penyebaran Covid -19.

(Pen2).

News Feed