oleh

TNI Pelopori Bersih-bersih Kali Bening Kota Magelang

OKEBUNG | Sebanyak 300 personel gabungan dipelopori TNI membersihkan aliran Sungai Kalibening di Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (3/12/2021).

Adapun anggota TNI yang terlibat kegiatan ialah Satuan Kodim 0705/Magelang, Yonarmed 3/105 Tarik dan Yonarmed 11 Kostrad.

Selain itu, turut terlibat pula anggota dari Satuan Polres Magelang Kota, DLH, Tagana, Damkar, PSDA, Garda Rescue dan karyawan Taman Kyai Langgeng serta Komunitas Pecinta Kali Bersih Kota Magelang.

Mewakili Kodim 0705/Magelang, Peltu Kardiono mengatakan bersih-bersih sungai dilaksanakan untuk antisipasi terjadinya banjir. Karena dimungkinkan terjadi penyumbatan di saluran sungai mengingat sudah memasuki musim penghujan. Yang mana intensitas hujan cukup tinggi dalam beberapa pekan ini.

“Selain itu apabila aliran air lancar dan bersih tentunya juga bisa memberi manfaat kepada warga meski hanya untuk sekedar menyalurkan hobi memancing. Tentu setelah berkembangbiaknya ikan secara maksimal, sebagai bagian dari ekosistem lingkungan di air sepanjang jalur sungai Kalibening,” ujarnya.

Titik awal kegiatan bertempat di sekitar kompleks Rumah Dinas Walikota Magelang. Tepatnya di jalan Cempaka Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Pembersihan saluran sungai dilakukan secara bersama-sama antara TNI dan warga masyarakat. Mereka saling bergotong-royong memungut sampah ranting, plastik dan sampah lain dan memindahkannya ke truk sampah.

“Truk angkut sampah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Kemudian sampah dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) untuk bisa diproses,” pungkas Peltu Kardiono. (Muis)

Berita Lainnya