oleh

TNI AL Bagikan Bantuan Kepada 55 KK Nelayan Mamuju Korban Gempa Sulbar

Mamuju, Dengan menggunakan perahu nelayan tradisional, Puluhan warga masyarakat pesisir di 4 desa yang berada di Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) mendatangi Posko Bantuan Kemanusiaan TNI AL yang terletak di lapangan Lanal Mamuju, Rabu (27/01/2021).

Kedatangan masyarakat pesisir dari dusun Simboro, Bulu Takkang, Landi dan Rangas Kecamatan Simboro ini bertujuan untuk mendapatkan bantuan logistik bagi para korban bencana alam gempa di Sulbar yang di distribusikan oleh Satgas Penanggulangan Bencana Alam TNI AL Sulbar.

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) menyampaikan bahwa ke 55 KK masyarakat pesisir yang diterima di Posko Bantuan Kemanusiaan TNI AL ini belum sama sekali mendapatkan bantuan logistik selama pasca gempa yang terjadi pada hari Jum’at tanggal 15 Januari 2021 yang lalu.

“Hari ini kami membagikan ratusan bahan kontak bantuan logistik kepada desa/dusun binaan TNI AL yang ada di Kabupaten Mamuju, mudah-mudahan bantuan logistik yang hari ini dibagikan ke desa pesisir bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak gempa di Kabupaten Mamuju ini”, ujarnya.

“Bahan kontak bantuan logistik masih tersedia sampai saat ini di Posko Bantuan Kemanusiaan TNI AL yang berada di lapangan Lanal Mamuju, tentunya kami akan survey kemabali ke desa-desa binaan TNI AL maupun desa lainnya di sekitar Kabupaten Mamuju ini untuk bisa mendapatkan secara merata dengan proses pendistribusiaannya melalui laut maupun darat dan udara”, tambahnya.

“Untuk saat ini kami dari pihak TNI AL masih fokus ke wilayah yang berada di sekitar pantai, kepulauan dan lereng pegunungan yang sejauh ini masih kurang ataupun belum tersentuh dari bahan-bahan kontak logistik yang ada sampai saat ini”, tuturnya.

“Hal ini sudah tentu kami laksanakan juga atas perintah dari pimpinan tertinggi TNI AL yaitu Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk mendukung misi kemanusiaan yang termasuk dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam mendukung para korban yang terdampak bencana alam seperti gempa di Sulbar ini”, katanya.

Sebelum proses pendistribusian bantuan logistik ini, Danlantamal VI menyerahkan bantuan logistik secara simbolis kepada salah satu perwakilan warga nelayan pesisir tersebut yang disaksikan oleh Dansatgas Penanggulangan Bencana Alam TNI AL Sulbar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, S.E., Wadan Satgas Penanggulangan Bencana Alam TNI AL Sulbar, Komandan Lanal Mamuju, Komandan KRI Cirebon-543 serta Komandan KRI dr. Soeharso-990.

News Feed