oleh

TMMD Non Fisik Laksanakan Penyuluhan dan Sosialisasi Penyakit AIDS

OKEBUNG|
Delapan puluh siswa/siswi SMAN 9 mengikuti penyuluhan penyakit AIDS. Kali ini pemateri yang memaparkan bukan dari dinas kesehatan pemda kabupaten melaikan dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Nonfisik ke 94 TA 2015. 

Masalah AIDS ini disampaikan oleh PNS Afie dari kesehatan kodim 0506/TGR Menjelaskan kelangan pelajar perlu mendapat pemahaman tetntang Apa itu AIDS , bahwa AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV dan menyerang sel yang vital bagi pertahanan tubuh .

Dan gejala AIDS nya pun adalah 

1. Lelah berkepanjangan ,2. Demam (> 38 c ) & keringat malam tanpa sebab jelas, 3. Sesak nafas dan batuk berkepanjangan 4. Pembesaran kelenjar getah bening (dileher,ketiak dan lipat paha) 5. Kanker kulit  6. Diare > 1 bulan 7. Luka dimulut.

Sedang penularan AIDS adalah ;

1. Berhubungan seks dengan pengidap HIV. 2. Transfusi darah yang mengandung virus HIV. 3. Alat suntik atau alat tusuk (tato dan tindik) bekas pengidap HIV. 4. Pemindahan virus dari ibu hamil yang mengidap HIV ke janinnya.

Dengan penyuluhan materi ini para siswa memahami,menjahui dan waspadalah bahwa AIDS belum ada obatnya ,bisa menyerang siapa saja dan orang yang terinfeksi AIDS akan menjadi pembawa atau penular Virua HIV. Dan kita himbau kembali bahwa agar memperhatikan perkembangan dan pergaulan siswa,tujuannya agar mereka tidak salah dalam menjalani kehidupan ini.

Selanjutnya tim penyuluh berikutnya memberikan materi Kerukunan Hidup Antar Umat Beragana yang disampaikan oleh Kapten Kav Komang Parta , bahwa kerukunan hidup umat beragama sangat penting dalam kehidupan sehari baik disekolah maupun di masyarakat. 

Dan juga diaplikasikan dalan kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. Kerukunan hidup umat beragama merupakan usaha meningkatkan suasana hidup rukun dan hindari penindasan, pemaksaan,ancaman,bujukan &cara lain agar pindah agama serta hindari menyinggung perasaan oranga sehingga memupuk rasa saling menghormati dan menpeecayai dan kembangkan sikap keagamaan yang luhur.

 Dengan adanya penyuluhan dari TMMD ini dapat menambah pengetahuan yang tadinya tidak tahu sehingga sekarang lebih mengetahui dan dapat mengerti serta harus lebih berhati hati dalam pergaulan .[yan]

News Feed