oleh

TMMD Non Fisik ke-95 Berikan Sosialisasi Hukum Pelajar SMAN 18 Jakarta Utara

OKEBUNG|
TMMD non Fisik ke-95 Kali ini di Wilayah Koramil 03/ Tanjung Priuk Jakarta Utara,memberikan penyampaian tentang permasalahan hukum.Hal ini disampaikan oleh Kapten Chk M Sofzudin dari kumrem 052/Wkr yang diikuti oleh sebanyak 150 orang pelajar siswa dan siswi dari Warakas Kel Warakas Kec Tanjung Priuk Jakarta Utara dan bertempat di aula SMAN 18.Rabu (22/10/2015).

Kapten Chk M Sofzudin juga menyampaikan Bahwa dalam pergaulan manusia yang bermasyarakat, mempunyai kepentingan -kepentingan tidak selalu se irama, bahkan kadang bertabrakan sehingga tingkah laku seseorang dalam hubungan dengan seseorang perlu di atur dalam ketentuan -ketentuan yang di sebut dengan norma – norma yang hidup di dalam masyarakat. 

Adapun Norma-norma itu terbagi menjadi  4 Norma, antara lain yaitu ,norma agama norma tertinggi sehingga apabila setiap manusia sudah taat akan norma keagamaannya, norma norma yang lain tidak di perlukan , karena agama telah mengatur segala lini kehidupan manusia dalam bentuk ibadah.

Kemudian norma ke sosilaan ketentuan bertingkah laku dalam hubungan sesama manusia yg banyak hal di dasarkan kepada kata hati Nurani ,sansi melanggar norma kesusilaan berupa pengucilan dari pergaulan masyarakat.

Selanjutnya,norma kesopanan adalah aturan aturan masyarakat tertentu tentang sopan santun dalam hubungan anggota masyarakat dengan sesamanya ,norma ini biasanya di kaitkan dengan adat kebiasaan sehingga terkadang antara daerah yang satu dengan daerah lain ukurannya berbeda.sanksi pelanggaran norma kesopanan antara lain mendapat perlakuan yang kurang dihormati didalam masyarakat,

Dan norma tersebut sanksinya lebih banyak tergantung kepada kata hati nurani masing-masing orang,ternyata bnyak manusia yang mengabaikan.

Norma hukum adalah ketentuan ketentuan/ pengaturan mengenai kehidupan manusia dalam pergaulan sehari-hari yang berlaku pada waktu dan tempat tertentu.dalam hal kita hidup dinegara indonesia saat ini maka kita harus taat pada hukum berlaku di indonesia saat ini.sanksi norma hukum lebih mengikat sebagai alat pemaksa,bagi pelanggar.norma hukum yang merusak kepentingan umum diberikan sanksi berupa sanksi pidana.

Para pelajar dan para guru sangat antusias dalam menerima materi serta kunjungan dari Tim TMMD Non Fisik  ke- 95 Kodam Jaya.[rel]

News Feed