oleh

Tinjau Dapur Umum, TNI Polri Wujudkan Sinergi Bantu Masyarakat

OKEBUNG|
Upaya membantu mengatasi kesulitan masyarakat dengan berbalut sinergitas TNI-Polri terus dilakukan, hal ini bisa dilihat dari upaya Polresta Padang dan Kodim 0312/ Padang yang telah mendirikan dapur umum guna menyediakan masakan untuk didistribusikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 disekitar wilayah Kota Padang.

Pelaksanaan dapur umum ini ditinjau langsung oleh Komandan Korem 032/Wbr Kolonel Inf Arief gajah Mada bersama Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dengan mengunjungi Polresta Kota Padang Jl. Moh. Yamin, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Jum’at (15/5).

Usai meninjau dapur umum, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto didampingi Danrem 032/Wbr Kolonel Inf Arief Gajah Mada menyampaikan bahwa pendirian dapur umum ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh TNI bersama Kepolisian untuk menyediakan makanan bagi masyarakat di masa pandemi ini,” kata Kapolda Sumbar.

Anggota TNI-Polri begitu kompak dalam mengerjakan penyiapan bahan makanan yang akan dimasak di dapur umum
Selanjutnya, masakan dari dapur umum tersebut akan diberikan kepada warga sebagai makanan berbuka dan sahur. Kemudian menurutnya sebagian besar Polres di daerah Sumbar yang bekerjasama dengan TNI telah mendirikan dapur umum, terhitung sejak awal Ramadhan.

“Kami mengapresiasi jajaran yang telah mendukung berdirinya dapur umum, mulai dari tenaga yang menyiapkan bahan, memasak, hingga menyalurkan,” katanya.

Kapolda Sumbar juga mengajak seluruh pihak agar saling membantu dan menguatkan antar sesama saat menghadapi situasi pandemi COVID-19.

Pada kesempatan tersebut ketika dikonfirmasi, Dandim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha menyampaikan bahwa dapur umum ini merupakan wujud kepedulian Kodim 0312/Padang bersama Polresta Padang dalam upaya membantu masyarakat yang terdampak Covid 19 khususnya masyarakat Kota Padang, dimana dapur umum TNI-Polri ini memproduksi makanan sebanyak 500 kotak perharinya, tegas Dandim.

Senada dengan itu, Kapolresta Padang Kombes Pol. Yulmar Try Himawan berharap semoga upaya ini dapat membantu meringankan beban masyarakat, selanjutnya dijelaskan juga bahwa untuk menjamin kebersihan makanan yang disajikan, semua anggota TNI-Polri yang terlibat di dapur umum ini harus melaksanakan protap pencegahan Covid-19, diantaranya melakukan cek suhu tubuh sebelum masuk dapur, mencuci tangan dengan menggunakan Hand Sanitizer, menggunakan masker dan melakukan social distancing atau jaga jarak dalam proses masak.

“Makanan yang akan dibagikan harus dalam keadaan sehat, steril dan bersih buat dikonsumsi oleh masyarakat terdampak Covid-19 khususnya yang kurang mampu, untuk itu para anggota TNI-Polri harus dalam keadaan sehat dan steril selama melaksanakan kegiatan memasak agar wabah virus ini tidak menyebar lebih luas lagi”, tegas Kapolresta.

Lebih lanjut, dapur umum ini akan terus dilaksanakan sampai masa pandemi Covid-19 selesai, bagi warga Kota Padang yang terdampak Covid-19 silahkan datang ke Polresta untuk mengambil makanan yang telah kami sediakan, tutur Kapolresta.

Sinergitas TNI-Polri semakin terasa kuat ketika Danrem 032/Wbr ikut mencoba dalam mengaduk makanan yang sedang dimasak, hasil makanan dan ikut menyajikannya di dapur umum ini.

Apa yang telah dilakukan Danrem 032/Wbr turut menjadi perhatian serta mendapat sambutan hangat dari Kapolda Sumbar dan seluruh anggota TNI-Polri yang hadir dalam acara peninjauan dapur Umum TNI Polri tersebut. (Pen 032)

News Feed