OKEBUNG

PORTAL BERITA MILITER

Tim Siaga Bencana Lanal Yogyakarta Bantu Evakuasi Korban Banjir dan Tanah Longsor

Tim Siaga Bencana Lanal Yogyakarta Bantu Evakuasi Korban Banjir dan Tanah Longsor

OKEBUNG|
Tim Siaga Bencana Lanal Yogyakarta bantu evakuasi korban banjir di wilayah Kecamatan Triharjo Kabupaten Bantul Yogyajarta kemarin.

Menurut Komandan Lanal Jogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd., mengatakan bahwa informasi dari BMKG cuaca ekstrim akibat terbentuknya badai tropis siklon Cempaka pada hari Senin, 27 Nopember 2017 sekitar pukul 19.00 Wib di perairan sebelah selatan Jawa Tengah dengan kekuatan angin 65 Km/jam, telah menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi 50 mm/hari disertai petir dan angin kencang di wilayah Jogjakarta dan sekitarnya.

Sejak pukul 02.00 Wib pada hari Selasa, 28 Nopember 2017, intensitas hujan deras masih mengguyur wilayah Yogyakarta, hal tersebut telah menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor dibeberapa titik rawan bencana, berdasar hasil monitoring staf intelijen Lanal Yogya dan pantauan informasi dari BPBD Provinsi dan Kabupaten sampai dengan pukul 14.00 Wib, mendapat info kecenderungan kearah potensi bencana banjir dan tanah longsor, baik yang dialamai oleh anggota Lanal maupun warga masyarakat Yogyakarta yang tinggal di titik rawan bencana.

Merespon perkembangan situasi potensi bencana tersebut, Komandan Lanal Yogyakarta telah memerintahkan Palaksa Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) Siswo Widodo, S.T untuk segera menggerakkan Tim Siaga Bencana Lanal Yogyakarta melaksanakan bantuan evakuasi korban bencana.

Tim Siaga Bencana Lanal Yogyakarta dengan kekuatan 7 personel dipimpin Lettu Mar Susanto dengan perlengkapan 1 unit sekoci karet menggunakan 1unit truk dinas Lanal menuju titik rawan bencana banjir di wilayah Kec. Triharjo Kab. Bantul Yogyajarta, bergabung dengan Tim Siaga Bencana Posal Samas kekuatan 3 personel dipimpin Komandan Posal Peltu Bek Usmanudin dengan 1 unit perahu karet dan 10 swimpes.

Selanjutnya Tim Siaga Bencana Lanal Yogyakarta bersama petugas gabungan SAR, BPBD, Kepolisian setempat, relawan Mapala universitas UII, STTAU, UPN bekerja sama dengan pihak pemerintah dan Ormas setempat melaksanakan evaluasi korban yang terjebak di rumah warga dengan ketinggian air mencapai 50 cm.

Tim berhasil mengevakuasi 25 warga korban banjir mayoritas lansia dan anak anak serta 7 unit sepeda motor milik warga di wilayah desa Triharjo dan desa Srigading Kec. Sandeng Kab. Bantul, Tim juga berhasil melaksanakan evakuasi Kapolres Bantul dengan menggunakan repling tali dari lantai 2 rumah Kapolres Bantul.

Sedangkan Tim Siaga Bencana Posal Karangwuni wilayah Kab. Kulon Progo dengan kekuatan 10 personel gabungan Posal dan Lanal dipimpin Komandan Posal Karangwuni Peltu Mar Agus Sumaryanto dilengkapi 1 unit sekoci karet, mulai dari malam sampai dengan tadi pagi bersama unsur SAR dan pemerintah setempat telah berhasil mengevakuasi warga desa Krembangan Kec. Panjatan Kulon Progo akibat jebolnya tanggul sungai Desa Cerme, menyebabkan luapan air akibat hujan deras mengenangi rumah warga di kedua desa tersebut.

Lanal Yogyakarta juga memberikan dukungan logistik personel dan bantuan obat obatan untuk warga masyarakat korban banjir dari Tim Kesehatan Lanal Yogyakarta dipimpin Kapten Laut (K) Ngadino dengan 1 unit Ambulan dinas serta tambahan personel Lanal Yogyakarta telah diberangkatkan dari Mako Lanal Yogyakarta unk bergabung bersama Tim Siaga Bencana di lokasi Kab. Bantul dan Kulon Progo.(Yan)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below