oleh

Tim Asatama USU Ciptakan Mobil Listrik 

 
OKEBUNG|
Saat ini Universitas Sumatera Utara (USU),patut bangga dengan hasil kerja mahasiswanya .Pasalnya,mahasiswanya mampu menciptakan inovasi baru di bidang teknologi .Seperti yang sudah diciptakan Asatama sehingga Tim Mobil Listrik USU berhasil mengangkat citra USU semakin berkibar dikancah dunia pendidikan.

Berjaya itulah harapan Tim Asatama sesuai dengan nama mereka. Asatama berasal dari dua kata dalam bahasa Batak Toba  yakni “Asa” yang berarti agar/supaya dan “Tama” yang artinya layak. Jadi Asatama artinya adalah“agar layak” dimana setiap karya mereka layak dibawa di tingkat Nasional maupun Internasional. 

Tim yang terdiri dari 16 orang mahasiswa Teknik Elektro ini lahir atas inisiatif Rio Richard Simanjuntak. Rio yakin bahwa sebagai kaum intelektual mahasiswa mampu untuk memberikan karya yang berguna bagi masyarakat umum, terlebih dunia pendidikan sendiri. 

Beranjak dari pemikiran ini, lalu dia mengajak teman-teman seangkatannya membuat suatu komunitas yang positif. Ilmu yang di dapat dari Departemen Teknik Elektro dijadikan bekal untuk membuat suatu karya yang inspiratif. Akhirnya tepat pada tanggal 14 November 2013 terbentuklah Tim Asatama. 

Asatama  menghadirkan inovasi baru dalam dunia otomotif berupa desain mobil yang mirip “kecebong” dan tentunya berukuran mini. Sebagai tim yang masih baru mereka berani untuk mendesain mobil yang digerakkan oleh tenaga listrik. 

Keinginan mereka adalah menciptakan mobil ramah lingkungan, inovatif, tidak menghasilkan emisi, mengurangi pencemaran udara dan alternative penggunaan energy di Indonesia. 

Tentunya bukanlah perkara yang mudah untuk mewujudkannya. Awalnya tim Asatama harus berjuang ekstra. Ini karena bagi mereka adalah pengalaman pertama mereka membuat mobil dengan energy listrik.

 Kurangnya pengalaman tidak membuat mereka putus asa. Mereka banyak bertanya kepada dosen dan Tim Horas yang memberikan kontribusi berupa ide dan semangat. Para alumni mereka juga tidak tinggal diam melihat Tim Asatama. Alumni mereka membantu dalam kontribusi materiil maupun sumbangsi berupa ide dan semangat. 

Akhirnya berkat upaya kerja keras Tim Asatama membawa hasil,tepatnya Oktober 2014, mereka berhasil lolos di Kompetisi Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) di Surabaya. 

Mobil berjenis proto, dengan desain pipih dan memanjang berhasil menempuh jarak 154,05 km/kwh. Posisi ke 5 di ajang tingkat Nasional itu berhasil mereka bawa kembali ke Medan. Prestasi ini menghantarkan  nama USU semakin dikenal ditingkat Nasional. 

Tim Asatama belum merasa puas dengan prestasi mereka. Saat ini mereka sedang dalam pengerjaan mobil baru mereka. Adapun mobil yang mereka buat ini adalah mobil berjenis proto dengan spesifikasi lebih tinggi dari sebelumnya dan juga inovasi mobil baru yakni mobil urban. 

Pada kompetisi selanjutnya yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2015 di Universitas Brawijaya, Malang, Asatama memiliki suatu harapan. Mereka ingin mobil kedua mereka meraih juara dan dapat mempersembahkan gelar juara tersebut untuk Ulang Tahun ke 50 .[rel\clara]
foto|asatama

News Feed