oleh

Tiap Jam 3 Orang Meninggal Dunia Akibat Lakalantas 

OKEBUNG|
Meskipun angka kecelakaan pada tahun 2014 menurun sekitar 4,4 persen namun jumlah orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan masih lumayan tinggi juga.Setidaknya,setiap sejam sekali tiga orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di Indonesia. Atau sekira 77 orang dalam sehari yang meninggal dunia.

“Demikian dikatakan Kakorlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono melalui Kabid Dikmas Polri Kombes Pol Pujiono didampingi Kapoldasu Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo dan Dir Lantas Poldasu Kombes Pol Refdi Andri saat memberikan sambutan launching Taman Lalu Lintas Ceria Portable di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (13/03/2015).

Dia menyebutkan bahwa pihaknya mencatat, pada tahun 2014 setidaknya ada 28.397 orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan atau setara dengan 2.356 orang per bulan, sama dengan 77 orang perhari dan jika dirincikan perjamnya sekitar 3 orang.

“2014 lalu ada 28.397 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas,”sebutnya.

Dirinya sangat apresiasi kepada Polda Sumut yang telah membuat terobosan baru untuk pendidikan lalu lintas pada anak usia dini melalui Taman Lalu Lintas Ceria Portable. Namun, tanpa dukungan dan kerjasama yang baik program ini tidak akan berjalan dengan maksimal.

“Terobosan Polda Sumut patut dibanggakan dan ini akan menjadi sarana edukasi yang baik bagi anak-anak untuk menjadi agent pelopor keselamatan dan ketertiban lalu lintas,” ucapnya.

Pihaknya,lanjutnya,sangat menaruh harapan besar program ini akan diterima bila direncanakan dan dikoordinasikan dengan baik. Dia berharap setelah program ini diluncurkan bisa menjadi ikon dan memberikan pemahaman baru soal ketertiban dan keselamatan lalu lintas.

Hadir dalam acara launching Taman Lalu Lintas Ceria Portable tersebut Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Seto Mulyadi, Wakil Direktur Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Ailawati Sarwono dan Ketua Panitia, Kasubdit Dikyasa Dirlantas Poldasu, AKBP Sujarno,perwira jajaran Polresta Medan dan Polda Sumut.

Sementara itu disela acara launching tersebut,pihak Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) juga memberikan penghargaan pada Kapoldasu, Dir Lantas Poldasu dan Walikota Medan sebagai pelopor Taman Lalu Lintas Ceria Portable yang baru pertama sekali ada di Indonesia bahkan dunia. Penghargaan MURI itu langsung diserahkan Wakil Direktur MURI, Ailawati Sarwono

“Taman Lalulintas Ceria portable Pertama sekali di Indonesia bahkan didunia,”salutnya.(jek)

News Feed