oleh

Tangis Haru dan Sorak Geembira Iringi Pembacaan Sumpah oleh Jokowi

OKEBUNG|
Puluhan tamu undangan yang hadir dalam mengikuti acara jalannya proses pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Senin (20/10/2014), bersorak gembira dan diiringi tangis haru setelah Jokowi dan JK selesai mengucapkan sumpah jabatannya.

Meski hanya menyaksikan prosesi bersejarah itu dari layar lebar di Kompleks Parlemen, tetapi mereka tetap antusias mengikuti jalannya pelantikan.
Mereka awalnya tampak begitu khidmat mendengarkan Jokowi dan JK membacakan sumpah jabatannya. Tak sedikit di antara mereka yang tak bisa menahan haru bahagia.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ujar Jokowi tanpa cacat saat membacakan sumpah jabatannya. Setelah itu, JK mengikrarkan janji yang sama sebagai Wakil Presiden RI.

“Hidup Jokowi!” teriak seorang pria memecah kekhidmatan seusai pembacaan sumpah jabatan.

Dilansir kompas.com,Sorak-sorai tepuk tangan langsung membahana dari sekitar 200 orang tamu yang melakukan nonton bareng ini. Di jajaran terdepan, seorang nenek bahkan tak henti-hentinya bertepuk tangan. Senyum lebarnya terus mengembang hingga menampakkan gigi ompongnya.

Dua orang ibu di jajaran terdepan pun terus-menerus mengusap air mata dari pipinya. Teriakan kegembiraan tak terbendung saat Ketua MPR Zulkifli Hasan menetapkan secara resmi Jokowi dan JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Momen menarik lainnya adalah saat Jokowi menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden. Di awal pidatonya, Jokowi menyapa Prabowo Subianto yang sebelumnya pernah menjadi kompetitornya dalam pemilu presiden lalu.

“Hidup Indonesia!” teriak seorang pria mengepalkan tangannya ke udara. Suasana semakin haru saat Jokowi membacakan kalimat per kalimat pidato pertamanya.(net)
Foto:Net\

News Feed