oleh

Tahun 2015 , XL Targetkan Tiga Juta Pengguna 4G

OKEBUNG |
Operator telekomunikasi Indonesia XL Axiata telah resmi menghadirkan adopsi jaringan 4G/ LTE secara komersial di tiga kota besar Tanah Air. Pihak perusahaan mengklaim, akan menargetkan sebanyak tiga juta pengguna hingga akhir 2015 mendatang.

“Di tiga kota ini sudah launching (Medan, Bogor dan Yogyakarta), selain kartu baru 4G, pengguna juga bisa melakukan exiting nomor lama untuk tukar SIM card 4G. Akhir tahun depan ditargetkan 3 juta pengguna,” jelas Rahmadi Mulyahartono, Senior GM network Planning XL, di sela peresmian jaringan 4G, di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Perusahaan mengungkapkan bahwa pelanggan layanan internet XL mencapai sekira 32 juta atau 53 persen dari total 58,3 juta pelanggan. Sementara pelanggan XL yang telah menggunakan smartphone saat ini telah mencapai sekitar 14,6 juta pelanggan.

XL juga menyebutkan akan melakukan bundling dengan sejumlah produsen smartphone, dan saat ini dalam membentuk ekosistem 4G pihak perusahaan telah bekerjasama dengan Sonya dan LG.

“Selanjutnya akan segera menyusul kerjasama dengan beberapa brand ponsel lain, seperti Samsung, Apple, HTC, Lenovo, Xiami dan BlackBerry,” tambah Ongki Kurniawan, Ongki Kurniawan, VP Corporate Strategy and Business XL Axiata, di Jakarta.

Dalam sebuah pernyataannya rilis, XL mengungkapkan telah membangun lebih dari 49 ribu BTS (2G dan 3G) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dan untuk adopsi jaringan 4G ini sendiri, pihaknya mengaku hanya cukup melakukan penambahan saja.

“BTS XL semuanya sudah di modernisasi, dan untuk 4G ini kami tinggal menambahkan module saja. Karena teknologi ini single run, dan kedepannya kita juga sudah siap jalankan di frekuensi lainnya (1800 dan 2100),” jelas Rahmadi menuturkan.

Dalam waktu dekat, XL sendiri mengabarkan akan menghadirkan jaringan 4G ini di Surabaya dan Jakarta. Menurut rencana, pembangunan ini baru akan perluasan tersebut akan dimulai pada awal 2015.(Okz/Net)

Foto :XL

News Feed