oleh

Sutanto :BNI Salurkan Kredit Rp750 Miliar ke PMN

OKEBUNG|
Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia mendapat dukungan PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Kedua BUMN tersebut bersinergi menyediakan fasilitas kredit kepada nasabah PNM yang merupakan pelaku UMKM.

“Penandatanganan kerjasama penyaluran kredit tambahan modal kerja sebesar Rp750 miliar kepada PNM akan memperluas jangkauan layanan BNI khususnya kepada pelaku UMKM,” ucap Direktur Bisnis Banking II BNI, Sutanto, di Gedung Pusat BNI Jakarta, Jumat (08/05/2015).

Dia berharap, sinergi ini dapat meningkatkan kinerja dan menciptakan nilai tambah yang bermanfaat bukan hanya bagi kedua institusi tapi juga diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan bisnis UMKM.

Masih dijelaskannya bahwa hingga 31 Maret 2015 BNI telah menyalurkan pembiayaan ke UMKM lebih dari Rp39 triliun. Menurutnya, kredit ini sebagian besar disalurkan untuk mitra BNI yang sudah mengembangkan bisnis yang feasible dan bankable, baik melalui penyaluran langsung ke pelaku UMKM, maupun melalui kerjasama strategis dengan lembaga keuangan bank non-bank.

Sekadar informasi, masalah utama yang dihadapkan oleh UMKM Indonesia adalah permodalan. Dengan adanya fasilitas kredit UMKM, maka dapat dibantu untuk mengembangkan usahanya, dengan demikian maka UMKM berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Jika sektor UMKM nasional mampu meningkatkan daya saing usahanya, MEA 2015 akan menjadi peluang emas bagi sektor ini untuk berkembang lebih lanjut. Perdagangan ASEAN pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Ditambah lagi, program kebijakan Pemerintah Indonesia saat ini salah satunya berpihak kepada UMKM dan Industri Kreatif,” tukasnya. (okezonenet)

Foto |logo BNI

News Feed