oleh

Spesialis Pencuri Helm Dibekuk Polsek Medan Baru

OKEBUNG|
Sutriska alias Sutris (31) warga Jalan Sederhana, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara ditangkap polisi, karena mencatat nama-nama helm di sebuah buku tulis.

Pasalnya, nama helm yang dicatatnya itu adalah helm yang selama ini dicurinya. Terakhir, Sutris berhasil mencuri helm LTD dari Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU).

Kapolsek Medan Baru, Ronny Sidabutar mengatakan, setelah menangkap buruh bangunan itu, pihaknya menemukan sebuah buku catatan yang di dalamnya ada sekitar 20 an daftar helm yang dicurinya.

“Pelaku spesialis pencuri helm di kampus-kampus,” ujar Ronny.

Tidak hanya mencatat helm yang dicurinya. Sutris juga mencatat harga setiap helm yang dijualnya.

“Setelah menjual helm itu, uangnya dipergunakan pelaku untuk keperluan pribadinya, seperti untuk bayar sewa rumah, beli obat dan lain sebagainya,” ujar Ronny menambahkan, bahwa semua pengeluaran hasil penjualan helm curian itu juga dicatatnya.

Selain buku catatan ‘dosa’ itu, polisi juga menemukan 1 pipa kaca yang didalamnya terdapat butiran narkoba jenis sabu dari dalam tas pelaku.

“Selain untuk kepentingan pribadi dan keluarga. Pelaku juga mengkonsumsi narkoba, berdasarkan alat yang digunakan pelaku untuk menghisap sabu,” terang Ronny.

Sutris sendiri sudah mencuri selama 1 tahun belakangan ini. Selama menjalankan aksinya, dia sudah berhasil mencuri 25 helm, yang semuanya sudah dijualnya.

“Paling tinggi, saya jual Rp 100 ribu. Uangnya untuk beli obat, bayar sewa rumah dan untuk belanja di rumah,” katanya.

Saat ditanya mengapa dia mencatat semua hasil curiannya, Sutris mengaku bahwa itu dilakukannya agar dia tahu, sudah berapa banyak helm dan berapa banyak uang hasil penjualan helm curian itu. “Biar tahu aku, berapa banyak helm yang sudah aku curi dan berapa uangnya,” sebut bapak memiliki satu anak ini.

Akibat perbuatannya, Sutris pun diprasangkakan melanggar pasal 114, 112 Sub 132 UU No.35 tahun 2009 dengan acaman diatas 12 tahun penjara tentang narkotika.(at)

Foto|Ilustras

News Feed