oleh

Soal Saos Campur Pewarna Tekstil,Poldasu Tidak Tahan Jimmy

OKEBUNG|
Terkait kasus saos cabai kemasan Dena, Sun Flower dan Bola Dunia yang terbukti memakai zat pewarna tekstil dan ekstrak di produksi oleh PT Duta Ayumas Persada yang berada di Jalan Karya Jaya Ujung Lingk VI Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe,Kab Deliserdang ,Provinsi Sumatera Utara,ternyata pemiliknya tidak ditahan.

Padahal menurut  hasil penelitian yang dilakukan Tim Subdit I/ Indag Ditreskrimum Poldasu ke laboratorium Kementrian Kesehatan Repoblik Indonesia dinyatakan dalam Permen RI No236/men.kes/V/85 dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesi (YLKI) Pembuatan saos Merek Dena, Sun Flower dan Bola Dunia ada ditemukan zat berbahaya food oranye RN (C.1.N0) yang terkandung dalam saos tersebut.

Diketahui sebelumnya bahwa Zat Food Oranye RN tersebut sangat berdampak negatif bagi pertumbuhan tubuh manusia. Dan bahan campuran saos itu prosesnya dapat mengganggu saraf, dan kalau sudah lama akan mengakibatkan penyakit kanker.

Untuk itulah, pemilik PT DAP terbukti bersalah disangkakan melanggar pasal 136 huruf b Jo Pasal 75 ayat (1) huruf b UU RI No18 tahun 2002.

Selain itu juga, PT DAP dituding melanggar 3 Undang Undang (UU) sekaligus, diantaranya, UU Perlindungan Konsumen pasal 62 ayat 1 UU RI No8 tahun 1999, UU Migas pasal 55 dan pasal 58 huruf b, c dan d, UU RI No22 tahun 2010 jo psl 480 KUHAPidana, serta UU Niaga.

Namun,pemiliknya tidak ditahan juga dan seakan-akan prosesnya hanya sebatas ‘asal saja’.

Sebelumnya,Kombes Pol Ahmad Haidar selaku Direktur Ditreskrimsus Poldasu, Rabu (01/04/2015) lalu bahwa pihaknya sudah melakukan penyelidikan terhadap bahan baku dalam pembuatan saos  tersebut, dan dalam hasil uji laboratorium ditemukan zat berbahaya Food Oranye RN (C.1.N0) terkandung dalam saos tersebut.

Namun herannya Kasubdit I/Indag Ditreskrimsus Poldasu AKBP Fredo Situmorang,ketika di konfirmasi wartawan,Senin (20/04/2015) sore mengatakan pihaknya tidak akan melakukan penahan terhadap Direktur Utama PT Duta Ayumas Persada,Tahana Djuanidi alias Jimmy.”Jimmy tidak akan ditahan,”sebutnya.

Selain itu Fredo juga mengatakan ,nanti hari Rabu (22/4/2015)Direktur Utama PT Duta Ayumas Persada ,Tahana Djuanidi alias Jimmy akan kita periksa kembali,dan setelah itu sebut Frodo berkasnya akan dikirimkan,” jelas Fredo sembari berlalu meninggalkan wartawan tanpa memberikan penjelasan sebab tidak ditahannya Big Bos Saos Dena yang telah terbukti memakai zat pewarna tekstil dan ekstrak itu.[el]

Foto|dok.

News Feed