oleh

Soal Protes Casis Bintara Polri, Kapoldasu Kumpulkan Seluruh Panitia dan Inventarisasi

OKEBUNG|
Terkait adanya protes para calon siswa (casis) Bintara Polri penerimaan tahun 2015,ternyata membuat orang nomor satu di jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut),turun langsung untuk mengumpulkan semua panitia seleksi dan menginventarisasi.

Dikumpulkannya panitia seleksi tersebut terkait adanya protes ratusan casis yang tidak terima dengan tidak gugurnya dalam penerimaan Bintara Polri.

Kapoldasu Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo mengatakan bahwa casis yang berhak melanjutkan seleksi diumumkan setelah hasil ujian itu dicocokkan dengan menggunakan rumus dan bobot psikologi dari Mabes Polri.

“Jadi memang pada waktu itu sebelum diumumkan hasil resmi sudah ditayangkan hasil sementara. Jadi ini yang dianggap sebagai acuan dan akhirnya menuai perbedaan,” jelas Kapolda Sumut,kepada wartawan saat meninjau langsung tes akademik casis brigadir Polri Tahun 2015 itu di Gedung Serbaguna Medan, Selasa [02\06\2015]sore.

Namun,kata Kapolda Sumut ,resminya casis itu lanjut atau tidak lanjut berdasarkan pengumuman setelah menggunakan rumus dari Mabes Polri.

“Dalam proses seleksi kali ini, pihaknya menerapkan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH). Di mana, seluruh proses seleksi mulai dari penerimaan soal sampai pengumuman hasil seleksi diawasi terus oleh pengawas internal dan eksternal,”tegas Kapolda Sumut.

Dijelaskan Irjen Eko bahwa prinsip BETAH memang benar-benar kita terapkan dalam proses seleksi kali ini,dan pengawas internal yang terdiri dari Bidpropam, Intel dan Irwasda terus mengawasi.

“Pengawas eksternal yang terdiri dari pihak Depdikbud,LSM dan Pemda terus memantau jalannya seleksi penerimaan Bintara polisi tahun ini,”sebut Irjen Pol Eko Hadi S.

Ditegaskannya,jika dalam proses seleksi ini nantinya ditemukan adanya oknum personel yang ikut terlibat meluluskan casis dan berujung pada tindak pidana akan diusulkan dipecat.

“Ketahuan ada oknum turut meluluskan casis langsung kita pecat,”tegas Kapolda Sumut .[roz\admin\fkm]

Foto|dok\kapolda sumut.

News Feed