oleh

Sinyal Black Box AirAsia Terdeteksi KM Baruna Jaya

OKEBUNG|
Keberadaan black box (kotak hitam) pesawat AirAsia QZ 8501 hingga saat ini belum ditemukan. Namun, sinyal berbunyi “ping” dari kotak hitam sudah terdengar jelas dan terdapat indikasi objek yang lumayan besar di sekitar kotak hitam itu.

“Black box belum ditemukan, tetapi suara ping sudah terdengar jelas dengan indikasi objek yang panjangnya 12 x 4 x 2,5 meter. Ditangkap oleh kapal Baruna Jaya milik BPPT,” ungkap Direktur Operasional SB Supriyadi di Pangkalan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Minggu (11/01/2015)melansir pemberitaan okezone.com.

Hasil dari scan detector yang dapat mendeteksi sinyal kotak hitam, ada kemungkinan objek yang cukup besar berada di sekitar kotak hitam itu. Supriyadi menduga, objek besar tersebut adalah badan pesawat jenis Airbus A320-200 itu.

Keberadaan kotak hitam itu berada di kedalaman 30 hingga 33 meter. “Mudah-mudahan itu tepat,” kata dia.

Ia berharap objek besar yang ada di sekitar kotak hitam yang terdeteksi adalah badan burung besi nahas itu. “Seandainya ini betul, kemungkinan masih banyak korban di sekitar bodi. Sehingga kami akan mengevakuasi korban. Mudah-mudahan kondisi korban utuh,” tambah dia.

Informasi yang dihimpun dari salah satu kapal yang ada di lokasi pencarian, penyelaman pada saat ini disetop karena arus bawah laut kencang, ombak tinggi dan hujan deras. Sementara akan dilanjutkan penyelaman jika cuaca sudah memungkinkan.

Sebelum penyelaman dilakukan kembali, para penyelam melaksanakan briefing untuk kegiatan penyelaman selanjutnya. Sementara, dugaan temuan main body, sementara ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.
(admin)

Foto:net\dok\

News Feed