oleh

Silaturahmi Dengan Wakil Ketua DPR RI, Bakamla RI Tunjukkan Komitmen

OKEBUNG|
Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. menerima kunjungan Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan Dr. H. M. Azis Syamsudin, S.H. dan Wakil Ketua DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan Dr. Rachmat Gobel, di Aula 2 Mabes Bakamla RI, Rabu (3/2/2021).

Pada kunjungan perdana kedua Wakil Ketua DPR RI ini, Laksdya Aan Kurnia memaparkan kekuatan dan capaian Bakamla RI, sekaligus kendala-kendala yang dihadapi Bakamla RI sebagai Lembaga Penegak Hukum dalam menjalankan amanat Undang-Undang No. 32 Tahun 2014.

“Saya menggarisbawahi apa yang disampaikan oleh Bapak Kepala Bakamla RI, bahwa kekuatan Armada Kapal Bakamla RI masih sepuluh persen (10%) dari jumlah ideal yang direncanakan”, ucap Azis Syamsudin. “Maka artinya persentase Keamanan Laut Indonesia juga masih sepuluh persen, sisanya tergantung nasib dan momentum saja”, lanjutnya ketika menanggapi hasil paparan Kepala Bakamla RI.

Ia juga mendukung untuk memasukkan Bakamla sebagai penyidik dalam Rancangan Undang-Undang tentang Landasan Kontinen. Di masa mendatang, Bakamla RI diharapkan memiliki kemampuan penuh dalam melakukan pengawasan dan penegakkan hukum di Laut Indonesia.

Wakil DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan Dr. Rachmat Gobel juga turut menanggapi paparan Kepala Bakamla RI. Fokus kepada isu keamanan laut dengan melibatkan para nelayan-nelayan Indonesia, mengingat Bakamla RI telah membentuk Relawan Penjaga Laut (Rapala) yang merupakan terdiri dari masyarakat maritim. “Mungkin ini dapat dibuatkan sebuah konsep dimana nelayan-nelayan ini dilatih bela negara, sehingga dapat berlayar ke perbatasan dan turut serta menjadi alat keamanan wilayah laut Indonesia”, ungkap Rachmat Gobel.

“Meskipun Bakamla RI masih dihadapkan oleh banyak keterbatasan dan kendala, namun melalui strategi yang tepat akan tetap dapat menjalankan tugasnya dengan baik”, lanjutnya.

Diharapkan Bakamla RI dapat terus berkomitmen untuk optimal dalam melakukan pengamanan perairan Indonesia, walaupun terbentur dengan segala keterbatasan yang ada.

Humas dan Protokol Bakamla RI

News Feed