oleh

Sertu Rochmat Sebagai Babinsa Koramil 0201-16/TM Menghadiri Sosialisasi STBM

OKEBUNG|
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0201-16/TM Kodim 0201/BS, Sertu Rochmat menghadiri sosialisasi Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat (STBM), Didesa Dagang Kelambir bersama tim sosialisasi dari Puskesmas Kecamatan Tanjung Morawa Kab Deli, Kamis (26/11/2020).

Dalam Sambutannya, Kades Dagang Kelambir mengatakan bahwa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Sesuai Kepmenkes RI Nomor 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat,“ ucapnya.

Sementara itu Babinsa Desa Dagang Kelambir Sertu Rochmat mengatakan bahwa sebagai Babinsa pihaknya sangat mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disebut sebagai STBM ini.Karena STBM adalah satu-satunya program sanitasi yang menyasar langsung ke tingkat rumah tangga, berfokus pada perubahan perilaku, bukan saja hanya membangun sarana,“ terangnya.

Sertu Rochmat menyatakan, ‘pemicuan’ adalah cara untuk mendorong perubahan perilaku higienis, dan saniter individual atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan, pola pikir, perilaku dan kebiasaan individu atau masyarakat

‘Semua dilakukan esensinya, adalah agar masyarakat terhindar dari penyakit akibat perilaku higienis dan sanitasi buruk,” pungkasnya. Rochmat R16.

News Feed