oleh

Sepekan,Polsek Helvetia Ringkus Tiga Pelaku Kejahatan

OKEBUNG|
Petugas unit Reskrim Polsek Helvetia berhasil meringkus tiga orang sindikat pelaku pencurian dan perampokan yang kerap beraksi di wilayah hukum Medan Helvetia.

Dari tiga tersangka,salah seorang diketahui seorang mahasiswa Universitas Medan Area (UMA).

Kapolsek Helvetia Kompol Ronni Bonic SIk didampingi Kanit Reskrim AKP Hendrik Temaluru menjelaskan, dalam sepekan ini, pihaknya terus mengupayakan peminimalisiran tingkat kasus pencurian dan perampokan serta penjambretan yang semakin marak, khususnya di Helvetia.

“Kita tetap berupaya menekan angka kriminal di wilayah hukum Polsek Helvetia,”ujar Kompol Ronni Bonic kepada okebung.com,Rabu (21/012015).

Diterangkan Ronni, seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area (UMA), Agung Fadillah Lubis alias Agung (22) diamankan, karena terlibat pencurian 1 laptop merk Acer milik Muhammad Adami (24) di Jalan Budi Luhur Gang Buntu 1, Kelurahan Dwikora,Kecamatan Helvetia, yang tidak lain adalah teman 1 kuliahnya di Universitas Medan Area.

“Pelaku masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel pintu rumah menggunakan sendok. Kemudian pelaku masuk ke kamar dan mencongkel lemari pakaian Adami,” terang Ronni.

Setelah lemari dicongkel, Agung berhasil mengambil laptop dan charger milik Adami. Seolah-olah, Adami telah mengalami pencurian yang dilakukan orang lain.

“Aksi tersebut akhirnya diketahui, saat pelaku mau menjual laptop tersebut ke Jalan Garuda. Korban melihat pelaku membawa laptopnya,” terang Ronni menambahkan Adami langsung menghubungi anggota Reskrim Polsek Helvetia.

Setelah melakukan penyelidikan atas kasus pencurian tersebut, akhirnya polisi berhasil menangkap Agung bersama laptop yang dicurinya.

“Kita lakukan penyelidikan. Setelah ditangkap langsung diamankan untuk dilakukan pemeriksaan. Pada saat pemeriksaan itu, pelaku mengakui perbuatannya,” sebut Ronni.

Sementara itu,tersangka Handiki Syahputra alias Pendek (19) warga Jalan Rasmi Gang Aneka, Kelurahan Sei Sikambing C 2,Kecamatan Medan Helvetia, ditangkap dalam kasus pencurian di rumah Prabudi Nasution (42) di Jalan Kapten Muslim Gang Jawa Komplek Tor Ganda, Medan Helvetia pada Rabu (06/01/2015) lalu.

Saat beraksi, pelaku bersama Rinaldi (DPO) dan seorang yang belum diketahui namanya masuk ke rumah korban dengan cara merusak pintu rumah, yang pada saat itu korban sedang tertidur lelap dalam rumahnya.

Dari hasil pencurian yang mereka lakukan, para tersangka berhasil mengambil 5 unit HP berbagai jenis dan 1 unit kereta Yamaha Mio BK 6733 AEU serta TV merek LG.

“Setelah berhasil mengambil HP dan kereta (sepeda motor) para pelaku langsung pergi menuju tempat billyard sambil membawa hasil curiannya,” ujar Ronni didampingi Kanit Reskrim AKP Hendrik Temaluru.

Ditambahkan Ronni setelah aksi pencurian tersebut, pelaku kembali melakukan pencurian pada hari yang sama dengan Rinaldi bersama orang yang belum diketahui tersebut kembali mencuri kedalam rumah korban.

“Pencurian kedua itu, pelaku tidak ikut. Dia memilih untuk bermain billiyard,” sebutnya.

Kemudian Handiki dan Rinaldi pergi menjual sepeda motor tersebut dengan harga Rp 2 juta serta menggadaikan 3 unit HP dengan harga Rp 800 ribu.

“Penadahnya tidak tahu HP itu dicuri atau tidak, karena hanya digadaikan. Dari hasil semua penjualan hasil pencurian itu, Handiki hanya mendapat Rp 600 ribu,” kata Ronni menambahkan korban mengalami kerugian Rp 12,5 juta.

Di lain tempat, anggota polsek Helvetia juga berhasil mengamankan Aji Aprijal (30) warga Jalan Kelambir 5 Gang Pribadi, Tanjung Gusta, Medan Helvetia. Pria bertato itu diamankan, karena terlibat kasus perampokan Herlinawati dan Siti Aisah Nasution.

Dalam aksinya, Aji bersama Usman Bolok (DPO) dan Papat (DPO) merampok dompet milik Herlinawati saat melintas di Jalan Klambir V dekat Titi Simpang II, Medan Helvetia.

“Saat itu, korban berusaha mempertahankan dompetnya. Sehingga terjadi tarik menarik antara pelaku dan korban,” terang Hendrik.

Ternyata,kata Henderik, aksi ketiga pelaku membuat Herlinawati yang saat itu menggendong anaknya jatuh ke jalan dan mengalami luka-luka.

“Satu pelaku juga jatuh. Polisi langsung mengamankan Aji untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (admin

News Feed