oleh

Sepekan, TNI AL Tahan Lima Kapal Asing di Perairan Indonesia

OKEBUNG|
Dalam kurun waktu akhir Oktober 2014 hingga November,aparat TNI Angkatan Laut berhasil menangkap lima kapal laut asing karena melanggar wilayah perairan yurisdiksi Indonesia.

Berdasarkan siaran pers Pusat Penerangan Mabes TNI yang diterima Kompas.com pada Selasa (04/11/2014), lima kapal asing itu yakni KM Sudita 11, KM Cahaya Baru, serta tiga unit kapal asing dengan nama KG90433TS.ATS006, KG94366 TS.ATS 005, dan KG94266 TS.ATS012.

“Lima kapal itu melanggar wilayah perairan Indonesia. Lima kapal itu juga tak dilengkapi dokumen yang sah,” ujar Kadispenum Puspen TNI Kolonel Bernadus Robert.

KM Sudita ditahan pada 3 November 2014 oleh Satuan Kapal Cepat Komando Armada RI Kawasan Barat. Diketahui, kapal itu berbendera Thailand.

Sementara KM Cahaya Baru ditangkap pada 31 Oktober 2014 di perairan utara Sumatera. Kapal itu berlayar dari Pasir Gudang, Johor, Malaysia, dengan tujuan Batam.

Pada hari yang sama, TNI kembali menahan tiga kapal ikan asing. Saat ditahan, tiga kapal dengan berbendera Vietnam tersebut tengah melaksanakan penangkapan ikan secara ilegal di perairan utara Sumatera.

“Kelima-limanya dikawal menuju pangkalan TNI AL terdekat untuk diperiksa awak kapalnya,” lanjut dia.(kps/net)
Foto:Ilustrasi/net/

News Feed