oleh

Sejak 1999,BNPT Tindak 990 Teroris

OKEBUNG|
Sejak tahun 1999,Badan Nasional Penangulangan Terorisme(BNPT) berhasil menindak ratusan teroris yang terdiri dari warga negara Indonesia dan warga asing.

Kepala BNPT, Komjen Pol Saud Usman, menjelaskan, selama 15 tahun terakhir, pihaknya berhasil menindak 990 pelaku. Sekira 380 orang telah menjalani eksekusi.

“Kalau yang sudah tertangkap dari tahun 1999 sampai 2014 itu ada 990 orang. Pelaku bomber-nya ada sekira 12 orang,” jelas Saud dalam diskusi bertema Pemberantasan Teror dan Radikalisme di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (29/10/2014) dilansir okezone.com.

“Ada pelaku asing, ada juga pelaku dari Indonesia. Yang diesekusi ada banyak. Yang sudah selesai menjalani eksekusi ada sekira 380 orang,” sambungnya.

Ratusan pelaku tersebut, lanjut Saud, terdiri dari tiga katagori, yakni pemula, pelaku radikalisme, hingga pelaku yang terorganisasi.

“Kalau kita lihat pelaku teror itu ada tiga kategori, satu pemula, pelaku radikal, dan pelaku yang kooperatif,” ucapnya.

Dari ratusan pelaku tersebut, sebagian sudah menyadari perbuatannya dan justru membantu pemberantasan gerakan terorisme dan radikalisme.

“Ada yang sudah sadar, insaf, bahkan membantu kami,” tutupnya. (admin\net)

Foto:densus 88\AT

News Feed