oleh

SECARA VIRTUAL, WADAN KORMAR MEWAKILI DANKORMAR MENGHADIRI UNDANGAN PACIFIC AMPHIBIOUS LEADERSHIP SYMPOSIUM 2021 (PALS 21-2)

OKEBUNG|
Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono yang diwakilkan oleh Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., MM., M.Tr.Opsla, CHRMP. menghadiri Undangan Pacific Amphibious Leadership Symposium 2021 (PALS 21-2) secara Virtual Hotel Avenzel Cibubur.Kamis (07/10/2021).

Dalam rangka meningkatkan kerja sama, kesiapsiagaan bersama dan interoperabilitas diantara TNI AL, USMC dan pasukan-pasukan Amphibi di wilayah Indo Pasifik, TNI AL turut serta dalam kegiatan Virtual Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) 21-2 yang merupakan forum pertemuan Korps Marinir negara-negara Indo-Pasifik yang diselenggarakan oleh U.S. Marine Force Pacific (MARFORPAC).

Kegiatan tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan profesionalisme Korps Marinir TNI AL.kegiatan Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) 2021 sendiri membahasa tentang Desain Kekuatan USMC 2030 yang ditunjang dengan penjabaran konsep Expeditionary Advanced Base Operations (EABO) dan pembangunan kemampuan Intermediate force capability guna menangkal ancaman dan gangguan non konvensional di wilayah Indo Pasifik khususnya dalam domain operasi di wilayah abu-abu (grey zone operation). Konsep tersebut dipaparkan oleh staff US MARFORPAC.

Dalam kondisi normal sebelum Covid 19, pertemuan tahunan ini biasanya dilaksanakan di Hawaii ataupun di negara-negara sahabat yang bertindak sebagai co-host yang dihadiri para Pimpinan pasukan pendarat (Angkatan laut dan Marinir) dari negara-negara Indo-Pasifik. Selain kegiatan simposium dilaksanakan pula observation study yang dilaksanakan melalui demonstrasi simulasi operasi militer yang dilaksanakan oleh negara tuan rumah sesuai dengan tema yang diusung dalam forum tersebut. Meskipun pandemic Covid 19 belum tuntas pertemuan tersebut sangat penting dilakukan untuk menemukan gagasan baru antar negara- negara di wilayah indo-Pasifik.

Turut hadir dalam acara tersebut Wadankormar didampingi Sahli E bidang Kerja Sama Militer Kolonel Marinir Didiet Hendra Wijaya, M.MP. dan Mayor Mar Bagus Sutrisno, S.E.

Berita Lainnya