oleh

SBY Minta Jokowi Lanjutkan Pembangunan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

OKEBUNG|
Lima tahun terakhir ini pembangunan TNI difokuskan untuk meningkatkan jumlah dan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) sehingga kemampuan TNI untuk menjaga dan mempertahankan setiap jengkal wilayah NKRI dapat lebih baik lagi.

Demikian Amanat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat upacara HUT ke-69 TNI 2014 di Pangkalan Utama V TNI AL, Dermaga Ujung Markas Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (07/10/2014) dilansir rakyatmerdekaonline.com.

hut tni

Dijelaskan presiden bahwa sampai bulan Oktober ini sebanyak 24 alutsista modern prioritas mulai berdatangan. Di samping itu, masih banyak yang akan menyusul di waktu mendatang baik untuk angkatan laut, angkatan darat, maupun angkatan udara.

Sedangkan di Angkatan Darat, telah dan akan mulai hadir tank tempur utama, kendaraan tempur panser Anoa, meriam arteleri kaliber 155 mm, rudal pertahanan udara, rudal anti tank, heli angkut, heli serbu dan heli serang termasuk heli serang apache beserta persenjataan dan amunisinya.

hut uu

“Di lautan Nusantara kita sudah dan akan segera melihat alusista baru TNI Angkatan Laut seperti kapal perang korvet class sigma, kapal cepat rudal, kapal perusak kawal rudal, kapal multi perang, pesawat patroli maritim, tank dan panser amphibi serta roket multi laras sakti,” terang Presiden.
heli

Sedangkan di angkasa Indonesia, lanjut presiden, telah dan segera akan menyaksikan sejumlah alutsista baru TNI Angkatan Udara seperti pesawat angkut sedang ZN 295, pesawat angkut Hercules C130A, pesawat tempur Super Tucano, sukhoi 27NK2, pesawat tempur P50 serta 24 unit pesawat tempur F16. Pada tahun-tahun terakhir ini sejalan pertumbuhan Indonesia, SBY jelaskan bahwa pemerintah telah dan terus meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI termasuk peningkatan gaji dan tunjangan, remunerasi, gaji ke-13, uang lauk pauk dan perumahan prajurit.
kopasus
“Ke depan kita berharap kesejahteraan prajurit beserta para purnawirawan dan veteran terus ditingkatkan, sebagaimana pula peningkatan kesejahteraan pegawai negeri sipil dan guru serta kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia,” kata SBY.

Sejak tahun 2006, lanjut SBY, Indonesia telah meningkatkan peran industri pertahanan nasional untuk memenuhi berbagai kebutuhan alutsista TNI termasuk melalui kerja sama dengan industri pertahanan negara-negara sahabat.
paskas

“Saya ingin menegaskan bahwa kebijakan saya selaku presiden adalah dengan mendayagunakan industri nasional untuk itu memenuhi kebutuhan alutsista yang canggih dan modern. Alutsista yang modern dan lengkap tidak hanya akan berdampak pada makin kokohnya postur militer kita, tapi juga pada peningkatan martabat dan kemandirian bangsa,” ujar SBY.
tank
SBY minta kepada pemerintahan selanjutnya, semua upaya pembangunan kekuatan yang telah dilaksanakan harus dilanjutkan dan tingkatkan di waktu mendatang. (net)
Foto :net/

News Feed