oleh

Satgaspamwil-1 Siap Amankan KAA ke-60

OKEBUNG |
Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Agus Sutomo,S.E selaku Dansatgas Pamwil 1 dengan seluruh jajaran satuan yang tergabung dalam Satgas Pamwil 1 ikut serta Apel Gelar Kesiapan Pasukan yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) VVIP Konferensi Asia Afrika (KAA) di lapangan Silang Monas Jakarta Pusat, Rabu (15/04/2015). 

Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika tahun 2015 dalam rangka peringatan ke-60 Asia-Afrika dan peringatan ke-10 New Asian-African Startegic Partnership  yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung, kegiatan ini langsung dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko.

Tujuan Gelar Pasukan Pengamanan Wilayah ini adalah untuk mengecek secara fisik tentang kesiapan personel, materiil dan Alutsista dari masing-masing satuan yang terlibat langsung dalam pengamanan  KTT KAA tahun 2015. Selain itu, Apel Gelar Pasukan ini juga bertujuan untuk mengetahui secara langsung tentang keadaan dan hambatan yang dihadapi setiap satuan yang mendapat tugas dan tanggungjawab.

Pengamanan dimulai dari kedatangan delegasi peserta, kedatangan Kepala Negara/Pemerintahan, dan pada saat berlangsungnya KTT sampai dengan kepulangannya. 

Dengan demikian dapat diperoleh kepastian bahwa  seluruh personel, materiil dan Alutsista yang akan digelar benar-benar telah siap baik dari segi kuantitas maupun kualitas serta dapat  dipertanggung jawabkan.

Kekuatan personel pada pelaksanaan pengamanan VVIP KAA ke-60 tahun 2015 sesuai data dari Puspen TNI berjumlah 16.631 personel dengan rincian sebagai berikut : 300 orang dari Komando Gabungan Pengamanan (Kogabpam); 500 orang dari Kosatgapam TNI; 4.256 orang dari Satgaspam VVIP; 3.550 orang dari Satgas Pamwil-1; 3.150 orang dari Satgas Pamwil-2; 5.416 orang dari Satgaspam VIP-1; 3.136 orang dari Satgaspam VIP-2; 750 orang dari Satgas Passus; 1000 orang Satgas Laut; 600 orang dari Satgas Hanud; 1.300 orang dari Satgas Udara (Koopsau-I); 762 orang dari Satgas Intel; 150 orang Satgas Kodam II/Sriwijaya; 150 orang Satgas Kodam IV/Diponegoro dan 750 orang dari Pasukan Standby Force

Dalam pengarahannya Panglima TNI mengatakan. “TNI dan Polri tidak akan membiarkan pihak manapun mengganggu pelaksanaan konferensi yang sejauh ini persiapannya sudah berjalan baik”, tegasnya.

“Kehadiran pemimpin suatu negara dalam forum konferensi dan peringatan KAA ke-60 tahun 2015, merupakan kehadiran simbol negarayang mencerminkan kepentingan negara yang diwakili, sehingga kehadirannya harus diberikan jaminan keamanan”, ujar Panglima TNI.

Hadir dalam pengecekan kesiapan Pasukan Pengamanan KAA, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Kasau Marsekal TNI Ade Supriatna, Danjen Kopassus Mayjen TNI Dono Monardo dan para pejabat dilingkungan TNI dan Polri.[rel\pendam jaya]

News Feed