oleh

Satgas Yonif 623/BWU Sulap Garasi Truk Jadi Ruang Belajar Anak-Anak Nunukan

-DISPENAD-8.626 views

OKEBUNG|
Banyak cara yang dilakukan Satgas Yonif 623/Bhakti Wira Utama membantu mencerdaskan generasi muda perbatasan, salah satunya menyulap garasi truk yang dijadikan sebagai ruang belajar bagi anak-anak Nunukan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 623/BWU, Letkol Inf Yordania, S.I.P., M.Si, dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Rabu (16/9/2020).

Diungkapkan Dansatgas, Satgas Yonif 623/BWU yang bertugas pokok menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia juga melaksanakan tugas teritorial sebagai tenaga pendidik bagi anak-anak perbatasan.

“Salah satunya yang dilakukan Pos Kotis Satgas pada Senin (14/9/2020) mengajak anak-anak yang sering bermain di sekitar pos untuk belajar bersama dengan prajurit selama pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, belajar bersama ini dilaksanakan di garasi kendaraan Pos Kotis agar anak-anak terlindung dari terik matahari maupun hujan sehingga mereka tetap fokus dalam belajar.

“Ada sekitar 14 anak ikut dalam kegiatan belajar bersama yang dibimbing personel Pos Gabma Bakelalan, Sertu Ardhy dan Kopda Saipul,” jelasnya.

Dikatakan Yordania, pemberian materi oleh prajurit Satgas ini pun disesuaikan dengan tingkat kelas mereka waktu di sekolah formal dengan cara pembimbingan masing-masing anak per tingkat kelas.

“Belajar di garasi truk ini memang hal baru yang kita lakukan, dan anak-anak juga sangat menikmatinya. Inilah yang membuat kami juga turut termotivasi untuk mengembangkan cara belajar ini ke jajaran pos Satgas,” sambungnya.

Di tempat terpisah, Sertu Ardhy mengungkapkan rasa bangganya kepada anak-anak didiknya. Tak jarang di antara mereka meminta pengajar untuk menambah jam belajar.

“Melihat antusiasme mereka, kami pun makin termotivasi menambah materi pelajaran yang diselingi dengan permainan agar mereka tidak jenuh,” terangnya.

“Harapan kami dengan belajar bersama ini, anak-anak sekitar Pos Kotis terus diasah kemampuannya agar mereka tidak lupa dengan pelajaran di sekolah di tengah pandemi Covid-19,” tandas Ardhy.

Sementara itu Ilham (9) menyampaikan rasa senang dan bangganya dapat belajar bersama dengan prajurit penjaga perbatasan negara ini.

“Ayo Pak, kita belajar lagi. Lihat aku bersama teman-teman sudah siap untuk belajar,” tuturnya penuh semangat. (Dispenad)

News Feed