oleh

Saos Campur Pewarna Tekstil,Dirut PT Duta Ayumas Persada Jadi Tersangka

OKEBUNG |
Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan dan penyidikan serta gelar perkara oleh petugas,Subdit I/Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ,akhirnya Direktur Utama PT Duta Ayumas Persada, Tahana Djuanidi alias Jimmy ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penggunaan pewarna tekstil dan ekstrak pada saus cabai kemasan Dena, Sun Flower dan Bola Dunia,Selasa (31/03/2015).

Demikian disampaikan Kasubdit I/Indag Ditreskrimsus Polda Sumut, AKBP Frido Situmorang ketika dikonfirmasi ,wartawan,Selasa (31/03/2015) sore.seraya menambahkan,bahwa pihaknya akan menjadwalkan pemeriksaan Jimmy pekan depan.

Frido mengaku bahwa setelah pemeriksaan nanti, barulah status yang disandang Dirut PT Duta Ayumas Persada resmi menjadi tersangka,

Sementara Fredo saat disinggung soal penahanan tersangka, Frido menjelaskan kita dilihat dulu dari hasil pemeriksaan terhadap tersangka.

Namun, Fredo yang ditanya soal penahan Jemmy, dengan rinci menjelaskan,kalau berdasarkan Pasal 136 UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan jo pasal /2 ayat (1) UU RI Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen jo Pasal 55 atau Pasal 53 Huruf b, c dan d UU RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi Jo Pasal 480 KUHPidana yang diterapkan pihaknya dalam menangani kasus itu,sudah pasti dan memungkinkan besarar tersangka (Jimmi) pastinya akan ditahan.

Diketahui sebelumnya, Subdit I/Indag Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara melakukan pemeriksaan terhadap product saus cabai kemasan merek Dena, Bola Dunia dan Sun Flower pada Februari 2015 lalu. Setelah mendapati hasil pemeriksaan, pada Rabu (11/03/2015) lalu, Subdit yang dipimpin AKBP Frido Situmorang itu melakukan penyegelan terhadap ribuan kotak saus kemasan yang menggunakan zat berbahaya itu.

Namun, beberapa waktu kemudian, pihak Balai Besar Pengawas Makanan dan Obat-Obatan (BBPOM) Sumut menegaskan tidak menemukan pewarna tekstil dan ekstrak pada saus kemasan merek Sun Flower, Dena dan Bola Dunia. Menyikapi pernyataan BBPOM itu, pihak PT Duta Ayumas Persada langsung menggelar Konfrensi Pers, Rabu (25/03/2015) pagi.

Direktur Utama PT Duta Ayumas Persada,Tahana Djuanidi alias Jimmy, menjamin saus cabai merek Dena, Sun Flower dan Bola Dunia yang diproduksinya,tidak menggunakan bahan berbahaya.

” Kita mengapresiasi kinerja BBPOM Medan yang telah meneliti hasil produksi kami melalui penelitian pada laboratorium yang terakreditasi dan menerapkan jaminan mutu bertaraf international.BBPOM merupakan lembaga resmi yang dilindungi Undang-Undang dalam pengawasan obat dan makanan yang menerapkan Quality Management System (QMS) 17025 dengan ISO 9001, dengan 5 tahapan setiap melakukan penelitian, “ungkap Jimmy saat itu.

Disinggung soal 6 drum berisi 1200 liter Bahan Bakar Minyak (BBK) jenis solar yang juga ditemukan Polisi dari dalam parbik yang dipimpinnya, Jimmy mengaku kalau BBM jenis solar itu hanya sebagai stok mengoperasikan mesin genset berkekuatan 300 KVA, bila listrik sedang padam. Disebutnya, BBM jenis solar itu dibeli pihaknya dari PT Angga Reksa Bahari di Jalan Rahmat Buddin Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan seharga Rp9240/ liter,
dengan kuantiti 5000 liter. (el\admin]

Foto |dok\okebung.com

News Feed