oleh

Sabang Kota Penuh Keindahan Menawarkan Sejuta Pesona

OKEBUNG|
Sabang menyimpan keindahan alam mempesona luar biasa, baik itu di daratan maupun lautan.

Jika anda sedang berada di Sabang,dari puncak bukit, anda bisa melihat gunung, laut, danau dan pemandangan matahari terbenam dalam sekali pandang. Bahkan, wisatawan juga dapat melihat pulau-pulau kecil dan lautan yang tenang laksana danau.
images(69)

Menelisik ke alam bawah laut, Sabang memiliki keanekaragaman biota laut yang sangat banyak dan menarik. Walikota Sabang Zulkifli H Adam mengatakan bahwa salah satu diver asal Inggris pernah melakukan penelitian jumlah jenis ikan hias yang ada di Sabang.
images(79)
“Salah satu diver dari Inggris pernah menghitung ada 538 jenis ikan hias. Jadi memang beragam sekali di sana,” tutur Zulkifli di Jakarta belum lama ini,dilansir okezone.com.
images(76)

Selain itu, dia juga menerangkan bahwa alam bawah laut Sabang menyimpan batu-batu karang yang sebesar gunung dan juga karang-karang kipas yang berukuran sangat besar. Bahkan, Zulkifli mengatakan bahwa ukuran karang kipas yang begitu besar di Sabang mungkin menjadi satu-satunya di dunia.

“Kita juga memiliki karang-karang kipas yang tidak ada sebesar itu di negara mana pun. Besar sekali sekira tiga meter,” ujarnya.

Sementara untuk titik penyelaman yang populer sendiri, Zulkifli menyebutkan ada sebanyak 27 titik penyelaman yang tersebar. Semua titik itu dijamin akan memuaskan keinginan para penyelam di Sabang.

“Ada 27 titik penyelaman di Sabang. Siapapun bisa ke sana, kapan pun tidak ada masalah,” tutupnya.

*Gunung Bawah Laut Sabang Keren*

Pulau Sabang tak hanya menawarkan keragaman biota laut. Keunikan keberadaan gunung berapi bawah laut patut dikunjungi.

Lokasi gunung berapi bawah laut Sabang tidaklah berbahaya. Meski hanya berjarak sekira 50 meter dari bibir pantai, namun tidak membahayakan siapapun. Bahkan, penyelam bisa merasakan kehangatan air di sekitarnya.

“Sabang punya gunung berapi bawah laut sekira di kedalaman 10 meter. Sehingga penyelam bisa merasakan sauna dari gunung tersebut,” terang Zulkifli H. Adam selaku Walikota Sabang kepada Okezone di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, .

Selain keunikan bawah lautnya, Sabang juga memiliki panorama yang memesona. Pemandangannya seperti sebuah lukisan yang memiliki berbagai obyek menarik seperti gunung, laut dan danau dalam satu bingkai.

“Panorama alam Sabang sangat unik. Dalam satu pandangan mata, kita bisa melihat danau, gunung, laut, pulau-pulau kecil dan juga sunset,” katanya.

Kekayaan alam tersebut menjadi sebuah kebanggaan bagi warga Sabang. Kehidupan yang aman serta nyaman menjadi salah satu ciri khas Sabang. Meski penduduknya heterogen, Zulkifli mengatakan bahwa kehidupan di Sabang sangat damai.

“Di Sabang sangat heterogen. Agama dan adat istiadat sangat dijaga. Sabang sangat nyaman dan aman untuk siapapun,” tutupnya.

*Ini Dia Tempat Terkeren di Sabang*

Kota Sabang termasuk sudah menjadi tujuan wisata di Indonesia. Salah satu paling populer di Sabang adalah Tugu Kilometer Nol.

Selain pantai yang indah, Tugu Kilometer Nol merupakan salah spot wisata yang patut dikunjungi ketika singgah di Kota Sabang. Karenanya, pedangdut Juan Christian menyempatkan diri singgah di Tugu Kilometer Nol ketika liburan ke Kota Sabang.

“Kalau ke Sabang aku sempat mengunjungi pantainya, tetapi juga sempat ke Kilometer Nol. Aku ke sana butuh waktu dua jam sampai ke sana dari dermaga,” ujarnya di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Tidak hanya melihat bangunan Tugu Kilometer Nol, Jebolan Kontes Dangdut Indonesia (KDI) ini juga merasa takjub dengan pemandangan sekitarnya.

Menurutnya, dari Tugu Kilometer Nol, kita bisa menikmati pemandangan luar biasa yang jarang didapat di tempat lain.

“Di sana aku benar-benar melihat lautan lepas dari Kilometer Nol, itu pemandangannya keren banget, mantap deh pokoknya,” tuturnya.

Sementara, Tugu Kilometer Nol berada di ujung paling barat Desa Ujung Ba U yang jaraknya sekira 29 kilometer dari pusat Kota Sabang. Untuk mencapai Tugu Kilometer Nol, kita bisa menyewa kendaraan bermotor dari Pelabuhan Balohan.[okz\admin]

Foto|dok.net\

News Feed