oleh

Ruang Arsip Bank Sumut Syariah Dijilat Sijago Merah

OKEBUNG|
Seluruh Karyawan Bank Sumut Syariah Medan, yang terletak di Jalan S. Parman No. 50A, Link X, Kel. Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, mendadak heboh saat melihat gumpalan asap dari dalam ruang arsip lantai 4 gedung Bank Sumut Syariah Medan, Kamis (29/04/2015) sekira pukul 11.15 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilokasi, menyebutkan bahwa temuan tersebut pertama kali diketahui oleh A Chi, tetangga sebelah yang berdagang Kwe Tiau disamping Bank tersebut. A Chi, siang itu kaget saat berada dilantai atas ruko miliknya melihat gumpalan asap dari gedung sebelah milik Bank Sumut Syariah.

Mendapati itu, A Chi langsung memberitahu kepada security Bank dan saat itu pula, Zulkifli yang mengetahui hal tersebut segera memberitahu kepada seluruh security Bank dan tanpa basa-basi, langsung menuju ke lantai IV, dan berusaha memadamkan api dengan perlatan seadanya, juga menggunakan racun api.

Tak sampai disitu, sementara api berusaha dipadamkan oleh para security Bank, pihaknya juga menghubungi pemadam kebakaran yang tak lama, dua unit mobil pemadam tiba dilokasi kebakaran. Tak butuh waktu lama, setengah jam kemudian api berhasil dipadamkan. Kepanikan pun sempat menghampiri seluruh karyawan Bank dan langsung berhamburan keluar menyelamatkan diri masing-masing.

“Kaget kami bang, tadi dapat kabar bahwa ada asap dilantai 4 ruangan arsip Bank ini. Begitu mendapatkan informasi itu, aku langsung keluar lah bang menyelamatkan diri, nanti jadi seperti tragedi Bank Aceh yang kebakar kemarin,” terang Sulastri, karyawan Bank kepada posmetro.

Hal lain dikatakan oleh Zulkifli selaku security Bank yang turut serta membantu memadamkan api didalam ruangan tersebut.

“Lantai 4 ruang arsip dek yang terbakar. Tapi cuma berkas-berkas aja yang terbakar. Gak ada korban jiwa kok. Apinya juga udah mati, ucap Zulkifli.

Mendapatkan informasi tersebut, pihak kepolisian Polsek Medan Baru, dipimpin langsung oleh Panit Idik I Reskrim, Ipda Arjuna Bangun, tiba dilokasi dan langsung melakukan olah TKP.

“Gak parah kok, cuma berkas-berkas diruang arsip aja yang terbakar. Apinya juga udah mati kok,” terang Arjuna.

Sementara, hal tersebut diamini oleh Dewi Oktolinda selaku Kepling X, Kel. Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, saat tiba dilokasi untuk mencari tahu penyebab pasti kebakaran, guna laporannya ke Kecamatan.

“Memang saya tadi baru aja lewat dek sekitar 15 menit lalu, tiba-tiba ditelfon dari pak Lurah untuk mengecek guna laporan ke pihak Kecamatan. Saya juga sampai sekarang belum tau pasti penyebabnya, sama-sama kita tunggulah keterangan dari Kepala Cabangnya dek,” terang Oktolinda.

Terpisah, Aminuddin Sinaga, selaku Kepala Cabang Bank Sumut Syariah Medan, ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut dan mengaku bahwa penyebab kebakaran adalah berasal dari arus pendek listrik yang mengalami korsleting didalam ruang arsip tersebut hingga memicu api yang menyebabkan kebakaran.

“Memang itu tadi diruang Arsip kebakarannya. Pertama kali diketahui oleh security seberang yang melihat gumpalan asap dari lantai 4 gedung ini.

Langsung beliau memberitahu kepada security kita yang kemudian memadamkan api dengan peralatan seadanya dan juga dibantu oleh dua unit mobil pemadam kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, dan hanya arsip yang sudah afkir saja yang terbakar,” terang Aminuddin.(zan)

News Feed